Cara Menggunakan PH Meter Air

Cara Menggunakan PH Meter Air - Hallo sahabat Passerad, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menggunakan PH Meter Air , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Ukur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menggunakan PH Meter Air
Link : Cara Menggunakan PH Meter Air

Baca juga


Cara Menggunakan PH Meter Air

Cara Menggunakan PH Meter Air - pH meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur pH ( derajat keasaman atau kebasaan) pada sebuah cairan. PH meter sendiri memiliki komponen yang bernama elektrode ( probe pengukur). Skala pH yang dapat diukur dengan pH meter yaitu antara 0 sampai 14. Sifat asam memiliki pH antara 0 sampai 7 dan sifat basa memiliki pH antara 7 sampai 14.
Cara Menggunakan PH Meter Air


Ciri - ciri larutan yang bersifat asam :
  • Rasanya asam.
  • Dapat menghantarkan arus listrik.
  • Bersifat korosif.
  • Dapat memerahkan lakmus biru.

Ciri - ciri larutan yang bersifat basa :
  • Rasanya pahit.
  • Tidak dapat menghantarkan arus listrik.
  • Bersifat licin.
  • Dapat membirukan lakmus merah.


Cara kerja pH meter adalah dengan menyelupkan elektrode pada cairan yang akan diukur kira - kira kedalaman 5 cm lalu tunggu kira - kira 2 sampai 3 menit untuk mendapatkan hasil yang akurat karena apabila elektrode langsung diangkat maka angka yang ditunjukkan oleh display masih berubah-ubah.

Agar dapat digunakan dalan jangka waktu yang lama maka pH meter perlu dikalibrasi. Larutan buffer yang digunakan untuk mengkalibrasi pH meter adalah pH = 4,01 ;7,00;10,01. Pada saat pertama kali anda membeli pH meter anda dapat langsung menggunaknya karena pabrik telah mengkalibrasinya dengan hasil kalibrasi yang dilampirkan dalam kotak dus. Untuk pemakaian yang normal,jangka waktu yang baik untuk mengkalibrasi pH meter adalah setiap hari baik sebelum maupun sesudah digunakan.

Larangan pemakaian pH meter :
pH meter tidak dapat digunakaan pada larutan berikut :
  • Larutan yang memiliki suhu lebih dari suhu kamar( air panas ),karena hasilnya tidak tepat.
  • Larutan yang tidak termasuk dalam daftar dari spesifikasi pH meter tersebut,karena hasilnya tidak tepat.
  • Larutan yang memiliki suhu dibawah dari suhu kamar ( air dingin/air es ),karena hasilnya tidak tepat.

Kelebihan dari pH meter Yaitu :
  • Hasil pengukuran yang akurat.
  • Pemakaiannya yang berulang - ulang.
Probe yang digunakan pada pH meter memiliki impedansi input yang sangat tinggi karena adanya resistansi yang tinggi. Instrumen yang digunakan dalan pH meter dapat bersifat analog maupun digital. Prinsip utama pada pH meter yaitu pengukuran arus listrik yang tercantum pada sensor pH akibat suasana ionik terlarut.

Anda dapat membeli pH meter baik secara online maupun offline dengan mudah. Di CV Java Multi Mandiri juga menyediakan pH meter dan alat ukur lainnya dengan berbagai jenis,spesifikasi dan ukuran yang beragam.


Demikianlah Artikel Cara Menggunakan PH Meter Air

Sekianlah artikel Cara Menggunakan PH Meter Air kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan PH Meter Air dengan alamat link http://passerad.blogspot.com/2017/02/cara-menggunakan-ph-meter-air.html

0 Response to "Cara Menggunakan PH Meter Air "

Posting Komentar