Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air

Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air - Hallo sahabat Passerad, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Ukur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air
Link : Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air

Baca juga


Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air

Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air - PH merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan nilai keasaman ataupun kebasaan dari suatu larutan sehingga mampu mengetahui kualitas dari larutan tersebut. Kualitas air dipengaruhi oleh pH yang terkandung dalam air tersebut. Air yang berkualitas yaitu apabila air itu memiliki pH sekitar 7. Sehingga apabila air memiliki pH kurang dari 7 maka air akan bersifat asam,namun bila air memiliki pH lebih dari 7 maka air akan bersifat basa.
Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air
Karena air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua makhluk hidup yang ada didunia ini,maka kita perlu menjaga air agar tetap terjaga sehingga kita dapat selalu memanfaatkannya untuk kehidupan sehari - hari. Selain jumlahnya,kualitas dari air juga memerlukan perhatian khusus agar memenuhi syarat untuk mencapai kondisi air yang optimal sebagai salah satu kunci untuk dapat dikonsumsi.

Faktor -faktor yang mempengaruhi jumlah pH pada air yaitu :

  • Suhu.
  • Cahaya matahari. 
  • Fotosintesis. 
  • Plankton dan bakteri.

Air minum dikategorikan memiliki kualitas fisik yang baik jika :

    • Jernih.
    • Tidak berbau. 
    • Memiliki rasa yang enak.
      Tidak hanya bagus secara fisik namun pH yang dimiliki juga harus normal. Oleh karena itu untuk mengetahui pH yang terdapat didalam air,maka kita perlu mengukurnya menggunkan pH meter. Namun anda harus membelinya pada tempat yang menjual pH meter bergaransi. Salah satunya di CV Java Multi Mandiri. Jika pH yang dimiliki air minum memiliki pH kurang maupun lebih dari 7 maka kita jangan meminumnya karena dikhawatirkan akan mengakibatkan keracunan.

      Kualitas air yang baik untuk kolam ikan yaitu pada pH sekitar 7 sampai 8. Namun apabila kolam ikan memiliki pH kurang maupun lebih dari 7 - 8 maka kita perlu mengatasinya dengan beberapa cara.

      Berikut cara mengatasi pH air yang terlalu rendah :

      • Menggunakan pH Up.
      • Menggunakan sodium karbonat dengan dosis yang tepat. 
      • Menggunakan pelepah daun pisang yang dipotong - potong kecil lalu ditaburkan kedalam kolam tersebut.

      Berikut cara mengatasi pH air yang terlalu tinggi :

        • Menggunakan pH down.
        • Menggunakan kayu dan asam fosfat dengan takaran yang pas. 
        • Menggunakan daun ketapang. Namun sebelum menggunakannya,maka daun ketapang harus direbus terlebih dahulu agar zat tannin yang terkandung dalam daun ketapang hilang karena apabila zat tanninnya masih ada maka warna kolam dapat berubah warna menjadi kuning.


          Demikianlah Artikel Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air

          Sekianlah artikel Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

          Anda sekarang membaca artikel Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air dengan alamat link http://passerad.blogspot.com/2017/02/pengaruh-ph-terhadap-kualitas-air.html

          0 Response to "Pengaruh pH Terhadap Kualitas Air"

          Posting Komentar