Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya

Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya - Hallo sahabat Passerad, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Ukur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya
Link : Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya

Baca juga


Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya

Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya - Alat ukur intensitas cahaya (lux meter) merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur besarnya intensitas cahaya pada suatu tempat. Besar intensitas cahaya ini perlu diketahui karena manusia juga memerlukan penerangan yang cukup.Agar bisa mengetahui besarnya intensitas cahaya ini maka diperlukan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya.




Alat lux meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang terdapat di suatu ruangan tertentu. Intensitas cahaya yang ada pada suatu ruangan harus sesuai dengan intensitas cahaya standarnya. Standar intensitas cahaya dipengaruhi oleh luas tempat dan juga fungsi tempat tersebut.

Dengan mengetahui standar intensitas cahaya pada suatu ruangan, maka kita dapat memilih intensitas cahaya lampu yang harus kita pakai. Apabila anda ingin membeli 
alat ukur lux meter bergaransi anda bisa membelinya secara offline maupun online. Anda bisa mengunjungi website trijinx.com apabila anda ingin membelinya secara online.

Dalam menyusun rangkaian alat ukur intensitas cahaya ini, umumnya menggunakan resistor untuk penghambat arus listrik, resistor variabel untuk pengatur taraf isyarat analog (contohnya pengendali suara pada peranti audio), dan untuk pengendali masukan bagi sirkuit rangkaian, lampu LED untuk indikator rangkaian bisa bermanfaat dengan baik yang digroundkan dan dihubungkan dengan kabel silikon yang diatur dalam papan rangkaian.

Kabel silikon yang dirangkai tersebut untuk upaya menyederhanakan alat ukur intensitas cahaya yang sulit seperti lux meter menjadi rangkaian sederhana yang bisa bermanfaat sama baiknya dengan lux meter.

Rangkaian alat ukur intensitas cahaya yang disusun menyebabkan beban yang ingin dikendalikan bukan hanya sebatas lampu LED tetapi bisa menggunakan beban lainnya sesuai keperluannya seperti resistor. Rangkaian alat ukur intensitas cahaya yang disusun lebih sederhana dan sering dijumpai karena rangkaian alat ukur intensitas dapat berkerja dengan penggunaan kompenen yang sedikit dan sederhana.

Rangkaian alat ukur intensitas cahaya diatas memakai resistor yang berperan sebagai alat perasa perubahan intensitas cahaya, apabila resistor memiliki nilai resistansi tetap, sehingga tingkat intensitas cahaya yang diterimanya hanya pada jangkau nilai resistansi resistor sama itu saja.

Cara kerja dari susunan alat ukur intensitas cahaya sebenarnya sangat sederhana. Pembagian tegangan antara resistor dan potensiometer adalah dasar dari rangkaian sensor cahaya diatas.
Kenaikan tegangan pada potensiometer akan menyebabkan tegangan yang jatuh pada resistor menjadi kurang, begitupun sebaliknya kenaikan tegangan pada resistor akan menyebabkan tegangan menjadi kurang pada potensiometer. Pembagian tegangan sesuai dengan rumus pembagi tegangan yang berlaku pada rangkaian seri.



Demikianlah Artikel Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya

Sekianlah artikel Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya dengan alamat link http://passerad.blogspot.com/2017/03/cara-kerja-alat-ukur-intensitas-cahaya.html

0 Response to "Cara Kerja Alat Ukur Intensitas Cahaya"

Posting Komentar