Proses Pada Termodinamika Gas

Konten [Tampil]
Proses Pada Termodinamika Gas - Termodinamika merupakan kajian tentang panas yang berpindah.  Sistem adalah kumpulan benda yang sedang ditinjau, sedangkanlingkungan adalah semua yang berada di sekeliling (di luar) sistem. Usaha luar dilakukan oleh sistem, apabila dipanaskan ataupun didinginkan terhadap sistem.

Apabila panas diterapkan kepada gas yang mengakibatkan perubahan volume gas, usaha luar dilakukan oleh gas tersebut. Pada umumnya usaha bisa dinyatakan sebagai integral tekanan terhadap perubahan volume. Gas disebut melakukan usaha jika volume gas bertambah besar.

Sebaliknya, gas disebut menerima usaha jika  volume gas mengecil dan usaha gas bernilai negatif. Energi dalam adalah suatu gas yang berada dalam suhu tertentu. Energi dalam gas berhubungan dengan suhu gas tersebut dan termasuk sifat mikroskopik gas tersebut.

Walaupun gas tidak melakukan ataupun menerima usaha, gas itu bisa mempunyai energi yang tak tampak namun terkandung dalam gas tersebut yang hanya  bisa dipantau secara mikroskopik. Berdasarkan teori kinetik gas, gas terdiri dari partikel yang berada pada kondisi gerak yang acak.

Gerakan partikel tersebut diakibatkan rata - rata energi kinetik dari seluruh partikel yang bergerak. Energi kinetik berhubungan dengan suhu mutlak gas. Energi dalam bisa dipantau sebagai jumlah keseluruhan energi kinetik dan potensial yang terkandung dan dipunyai oleh partikel di dalam gas itu dalam skala mikroskopik.

Suhu mutlak ga sebanding dengan energi dalam gas. Oleh sebab itu, perubahan suhu gas mengakibatkan perubahan energi dalam gas. Proses yang terdapat pada termodinamika gas yaitu:

1.Proses Isobarik
Proses isobarik adalah proses yang berlangsung di tekanan tetap. Apabila volume gas meningkat, artinya gas melakukan usaha. Apabila volume gas berkurang, artinya pada gas dilakukan usaha atau usaha gas negatif.

2.Proses Isokorik
Proses isokorik merupakan sebuah proses yang dialami oleh gas yaitu gas tidak mengalami perubahan volume. Oleh sebab itu, usaha yang dilakukan gas pada proses isokorik yaitu nol.

3.Proses Isotermis
Proses isotermas merupakan sebuah proses yangg dialami gas pada suhu tetap.

4.Proses Adiabatik
Proses adiabatik adalah proses yang tak ada kalor yang masuk maupun keluar dari sistem ke lingkungan.

Sebagai informasi detector gas adalah salah satu alat yang tepat untuk mendeteksi kebocoran gas. Apabila anda membutuhkan alat tersebut anda bisa mencari dan membelinya di alat ukur Indonesia.

0 Response to "Proses Pada Termodinamika Gas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel