Pembersih Air Sumur

Konten [Tampil]
Pembersih Air Sumur - Air yaitu mineral yang begitu penting untuk tubuh, dan banyak khasiat dari air ini untuk tubuh manusia.


Lalu bagaimana jikalau air sumur atau tempat kita mendapatkan air tersebut tidak bersih atau keruh.? Ada beberapa obat-obatan dan alat yang memiliki fungsi untuk membersihkan air.

Adapun obat pembersih air tersebut adalah :
  1. Tawas 
Tawas memiliki nama lain yaitu aluminium sulfat. Bahan ini mempunyai fungsi untuk mengikat partikel yang terdapat pada air agar mengendap di dasar tempat penampungan air. 

Biasanya dijual dalam bentuk serbuk dan bongkahan. Tetapi lebih baik memilih yang serbuk. Beberapa toko menjualnya dengan harga antara 2500 – 5000 per-kg. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah, pertama perlu diketahui dahulu berapa takarannya. Biasanya 3-5 sendok sudah cukup untuk 1000 liter air. Jadi, sebaiknya kita mengetahui dahulu ada berapa jumlah air di tempat penampungan. 

Yang kedua, campurkan sekitar 3-5 sendok tawas kedalam ember yang berisi 5 liter air. Aduk sampai rata, lalu masukkan kedalam penampungan air secara merata. Tunggu sekitar 6 jam, dan jika bisa diaduk. 
  1. Kaporit 
Kaporit berguna untuk membunuh bakteri, kuma  dan virus. Bahan ini sering dimanfaatkan oleh PDAM untuk menjernihkan air minum. Takaran penggunaannya hanya 1 sendok makan untuk menjernihkan 1000 liter air. Bahan ini tidak boleh dipakai dalam takaran yang berlebihan, karena bahan ini bisa berakibat kanker. 
  1. Batu gamping 
Batu gamping berfungsi untuk menetralkan pH air atau tingkat keasaman pada air yang berada di angka antara 6,5 – 8,5. Takaran yang biasa digunakan sebanyak 3 sendok untuk menetralkan 1000 liter air.

Lalu manakah yang lebih aman dari ketiga obat penjernih tersebut.? Apakah campuran dari tawas dan kaporit, ataukah batu gamping dengan kaporit.? yang jelas jangan mencampurkan ketiga bahan obat tersebut.

Akan lebih baik apabila kita mempunyai alat yang memiliki fungsi untuk menjernihkan air, yang perlu kita ktahui bahwa penggunaan ketiga obat penjernih tersebut dapat mengakibatkan penyakit kanker apabila takarannya terlalu banyak atau tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Sebaiknya apabila kita sudah terlanjur menggunakan obat penjernih tersebut, kita masih mengukur tingkat pH air dan tingkat keasaman air untuk mengetahui jika air yang kita konsumsi sudah benar-benar sehat dan jernih.

Anda bisa menggunakan alat yang bernama PH Meter, alat ini sangat baik sekali dalam pengukuran Ph air dan tingkat keasaman air. Anda dapat mendapatkan alat ini melalui website Alat Ukur Indonesia.

0 Response to "Pembersih Air Sumur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel