Manfaat Nasi Merah

Konten [Tampil]
Manfaat Nasi Merah - Nasi merah sendiri merupakan makanan pokok selain nasi putih. Beras merah sendiri berasal dari tanaman padi juga, tetapi tanaman tersebut mempunyai kandungan tertentu sehingga hasilnya pun beras yang berwarna coklat agak kemerahan.


Sama pada tanaman padi pada umumnya, tanaman padi ditanam terlebih dahulu pada lahan persawahan yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Kemudian tanaman padi dirawat hingga akan memasuki masa panennya.

Setelah tanaman padi mulai siap dipanen, kemudian para petani akan mengambil padi yang sudah mulai matang dan memisahkannya dari batang. Setelah itu akan akan dijemur dalam waktu beberapa hari sampai tanaman benar - benar kering.

Setelah proses penjemuran, berlanjut pada proses penggilingan padi yang sudah dijemur tadi. Proses penggilingan bertujuan untuk memisahkan beras dengan kulit padi atau yang biasa disebut dengan skam, sehingga bisa diproses ke tahap selanjutnya.

Selanjutnya adalah proses penyimpanan beras merah sebelum dimasak menjadi nasi merah. Nasi merah sendiri banyak sekali yang menjualnya, selain enak juga banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.

Selain itu beras merah sangat baik untuk mereka yang mencoba diet serta menurunkan berat badan meraka yang terlampao batasnya. Selain itu nasi merah juga dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes dan menghindari diabetes juga.

Baik juga dikonsumsi bagi mereka yang ingin mencegah penyakit jantung ataupun yang punya penyakit tersebut. Nasi putih juga berguna untuk menurunkan kolestrol jahat pada tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi, selainn itu juga bisa meningkatkan HDL atau yang bisa disebut dengan kolestrol baik bagi tubuh.

Selain memberikan manfaat, nasi merah juga mempunyai segudang nutrisi yang baik bagi tubuh yang diantaranya adalah yang pertama pastinya karbohidrat. Selain itu karbohidrat pada nasi merah lebih tinggi, sehingga dapat mengenyangkan lebih lama dibandingkan dengan memakan nasi putih.

Serat yang bisa membantu dalam diet kita, lalu ada pula Vitamin B yang baik untuk mendukung kerja otak serta pertumbuhan sel dalam tubuh. Lalu ada pula juga magnesium, fosfor, serta kalsium yang semuanya sangat dibutuhkan dalam mekanisme kerja tubuh.

Yang terakhir adalah kalium yang berguna untuk mengontrol cairan dalam tubuh serta fungsi jantung. Sehingga nasi merah jika dikonsumi dalam batasan yang wajar akan sangat membantu tubuh dalam masa perkembangannya.

Untuk membuat nasi merah sendiri sama dengan membuat nasi putih pada umumnya, karena kadar air yang belum kita ketahui saat membuat nasi merah bisa menggunakan alat yang bernama moisture meter. Yang fungsinya adalah mengukur kadar air dalam sebuah biji.

0 Response to "Manfaat Nasi Merah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel