Ciri Batu Safir Putih

Konten [Tampil]
Ciri Batu Safir Putih - Batu Safir Putih atau White Sapphire merupakan salah satu berlian Simulants / sintesis yang sengaja dibuat untuk menyerupai berlian. Bahkan permata ini ada yang dibuat dengan tidak memiliki warna, batu ini sering disebut juga Colourless Synthetic Sappire.



Secara alami batu ini banyak ditemukan ditambang / pertambangan Srilanka, Birma, Amerika, Madagaskar, Thailand dan Indonesia. Batu ini memiliki warna yang cenderung ke putih susu dengan terdapat kristal di dalamnya.


Namun kristal transparan ini tidak begitu terlihat dan agak samar - samar. Dalam penggunaannya batu safir putih ini digunakan sebagai perhiasan. Cincin pernikahan biasa menggunakan batu ini karena diyakini pernikahan akan langgeng sampai maut memisahkan.


Batu safir putih ini memiliki harga yang tidak semahal blue safir dan relatif lebih terjangkau dibeli oleh kalangan pecinta batu permata. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri batu safir putih dan batu permata lain secara umum :


Nama
Formula
RI
Densitas/SG
Kekerasan
Diamond
C
2,417
3,52
10
White Sappire
Al2O3
1,762 - 1,770
3,97
9
Moissanite
SiC
2,648 - 2,691
3,2
8,5 – 9,25
Cubic Zirconia
ZrO2
2,2
5,7
8,3
Rutile
TiO2
2,62 – 2,9
4,25
6
Spinel
MgOAl2O3
1,727
3,6
8

Sebenarnya untuk mengetahui batu safir putih itu batu permata imitasi sangat mudah, kita hanya perlu memperhatikan RI (Refraktif indeks) atau Indeks bias dari safir ini hanya 1,762. Itu berarti permata ini kurang memancarkan sinar atau kurang bersinar.

Batu safir putih asli dapat diketahui dengan mengukur tingkat kekerasannya. Pengukuran ini dilakukan menggunakan Alat Uji NDT, berdasarkan pengukuran tersebut batu safir putih asli memiliki nilai kekerasan 9 skala mohs yang berada satu tingkat di bawah batu berlian dengan skala 10.

Itu juga berarti batu ini tidak mudah tergores dan hanya dapat tergores jika diuji dengan jarum uji berlian. Bagi Anda orang yang masih awam tentu akan sulit membedakan batu safir asli dan palsu, untuk mengetahuinya Anda dapat melakukan hal ini :
  • Lihat pancaran sinar / Disversion : Berlian asli akan sangat berkilau dan bila permata yang mempunyai potongan bagus namun kurang bersinar ada indikasi. Cara mudah untuk mengujinya adalah dengan melatakkan di atas koran dan bila tulisan koran tidak dapat terbaca dengan jelas maka berlian tersebut adalah berlian asli, begitu juga untuk batu safir
  • Jangan Percaya 100% dengan Diamond Selector, karena alat tersebut hanya mendeteksi berdasarkan daya hantar panas batu permata
  • Kombinasikan pengujian pada cara 1 dan cara 2 agar hasilnya lebih akurat
  • Selain itu Anda dapat mengujinya menggunakan jarum Uji berlian yang lebih akurat dalam menguji keaslian

0 Response to "Ciri Batu Safir Putih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel