Ciri Ciri Minyak Zaitun Asli

Konten [Tampil]
Ciri Ciri Minyak Zaitun Asli - Olive oil atau minyak zaitun tentu sudah tidak asing lagi bukan, terutama untuk hal - hal yang berhubungan dengan kecantikan. Minyak zaitun terkenal memiliki kandungan minyak asli dari tumbuhan yang berasal dari wilayah Mediterranean.





Minyak zaitun juga tidak terkenal bermanfaat untuk bidang kecantikan saja namun juga untuk bidang kuliner atau kesehatan sehingga membuatnya banyak diburu oleh orang - orang. Berdasarkan jenis atau kandungannya, minyak zaitun dibagi menjadi virgin oil, ekstra virgin, pure olive dan juga lampante oil.

Dengan manfaatnya yang banyak sehingga membuat permintaan akan minyak zaitun juga semakin meningkat, hal ini juga menuntut Anda yang akan membeli minyak ini juga harus berhati - hati karena kini ada oknum pedagang yang memalsukannya. Oleh karenanya Anda harus tahu ciri - ciri minyak zaitun asli yang akan dijelaskan sebagai berikut :

Diaduk

Cara mudah untuk menguji keaslian minyak zaitun dapat dilakukan dengan mengaduk atau mengocoknya, bila minyak melepaskan ester yang terkandung di dalamnya maka dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun tersebut asli. Namun bila tidak maka dapat diindikasikan minyak tersebut palsu.

Dihirup aroma

Cara selanjutnya adalah dapat dengan menghirup aroma dari minyak zaitun tersebut. Minyak zaitun yang asli umumnya memiliki aroma yang menyengat, akan tetapi bila Anda masih awam mungkin akan sulit untuk membedakan antara aroma minyak sayur dan zaitun.

Di icip

Bila Anda masih meragukan keaslian minyak zaitun yang Anda beli maka tidak ada salahnya Anda mencicipi sedikit minyak yang Anda beli. Minyak zaitun yang asli umumnya memiliki rasa yang pahit dan sedikit pedas, bila Anda rasakan lebih lagi akan terasa adanya biji bunga matahari yang terkandung dalam minyak tersebut.

Minyak zaitun juga akan memiliki rasa yang cenderung basa atau alkali (tidak asam) karena minyak zaitun asli memiliki pH 9 bila Anda mengukurnya menggunakan pH meter. Nilai pH minyak juga dapat menunjukkan keaslian minyak tersebut.

Menelan

Langkah terakhir untuk menguji keaslian minyak zaitun adalah dengan menelannya. Bila baru sampai di mulut saja Anda sudah merasakan ada sesuatu yang aneh maka dapat mengindikasikan minyak tersebut palsu. Bila Anda menelannya dan tidak terjadi masalah maka minyak zaitun tersebut asli.

Bila Anda ingin membeli minyak zaitun maka perhatikan beberapa tips berikut :

1. Perhatikan detail kemasan, dari mulai bungkus luas sampai dengan dalam apakah ada informasi yang mencurigakan
2. Perhatikan harga yang ditawarkan, jika memang lebih murah dari pasaran padahal kualitas sama tentunya perlu dicurigai
3. Perhatikan toko yang Anda kunjungi, apakah benar - benar terpercaya dan direkomendasi atau hanya abal - abal.

0 Response to "Ciri Ciri Minyak Zaitun Asli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel