Efek Suhu Panas Bagi Tubuh

Konten [Tampil]
Efek Suhu Panas Bagi Tubuh - Anda tentu tidak nyaman bila berada dalam suatu tempat atau lingkungan yang bersuhu panas, suhu panas yang disertai dengan sengatan matahari bukan hanya bisa menimbulkan efek sakit kepala saja, namun juga kulit terbakar dan dehidrasi.

Bila diteruskan hal ini juga dapat memicu heat stroke, heat stroke dapat terjadi saat seseorang kehilangan air dari tubuhnya. Air ini juga termasuk kandungan garam dalam tubuh seperti potassium dan sodium yang penting untuk fungsi ginjal, otak, dan jantung. Kekurangan garam - garam tersebut juga akan menyebabkan kelelahan dan masalah pernafasan juga denyut jantung.

Ciri yang dapat segera diketahui adalah menurunnya produksi urin dan keringat. Pada keadaan normal bila tubuh kepanasan maka tubuh akan memproduksi keringat agar tubuh tetap dingin. Keringat tersebut diproduksi dengan cara menguapkan cairan dari tubuh melalui permukaan kulit.

Bila kita berada pada suatu tempat dengan suhu udara yang sangat panas dalam waktu yang cukup lama maka kita bisa kehilangan keringat dengan cepat, dan saat kita sudah tidak berkeringat lagi maka suhu tubuh kita akan meningkat tajam. Selanjutnya masalah seperti heat stroke atau kelelahan akan menyertainya bila tubuh kita tidak berkeringat lagi.

Kondisi tersebut akan menyebabkan kepala menjadi pusing, otot kram bahkan bisa mengancam jiwa. Heat stroke ini berbahaya karena gejalanya muncul dengan sangat cepat, terlebih lagi saat gejala awal yang sulit diketahui dan tidak diatasi dengan cepat.

Bahaya lain dari kepanasan adalah kulit yang terbakar, namun ada sebagian orang yang justru sengaja berjemur untuk mendapatkan warna kulit kecoklatan. Padahal hal tersebut justru menunjukkan kerusakan kulit, hal itu juga bisa mempercepat penuaan dan meningkatkan potensi kanker kulit.

Berikut kondisi suhu tubuh dan gejalanya pada suhu udara tertentu :

1. Suhu 20 derajat celcius, denyut jantung normal, tubuh dalam kondisi nyaman, suhu tersebut sangat disarankan pada ruangan rumah Anda

2. Suhu 25 derajat celcius, tubuh akan mulai berkeringat

3. Suhu 26 - 38 derajat, tubuh mulai kelelahan, keringat mengucur deras, denyut jantung cepat dan merasa mual

4. Suhu 45 derajat akan mulai serangan heat stroke, tubuh berhenti berkeringat, panas tubuh meningkat tajam, kulit kering, pingsan, kerusakan pada organ tubuh hingga menyebabkan kematian

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengatur suhu ruangan di rumah kita agar tetap nyaman untuk ditinggali, Anda dapat menggunakan termometer khusus untuk ruangan yang dapat digunakan untuk memantau suhu ruangan. Bila Anda dapat memantau suhu ruangan maka Anda dapat segera tahu bila suhu ruangan mulai meningkat.

0 Response to " Efek Suhu Panas Bagi Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel