Jenis Ban Mobil F1

Konten [Tampil]
Jenis Ban Mobil F1 - Menurut yang dilansir Pirelli selaku produsen utama ban mobil F1 ada tujuh tipe ban yang digunakan oleh para pembalap Formula 1 musim ini yang dibedakan dari warnanya berdasarkan komponnya.

Namun pada umumnya jenis ban ini dibedakan menjadi dua yaitu ban kering (slick) dan ban basah. Ban kering sendiri memiliki lima jenis yaitu hard, medium, soft, super soft dan ultra soft, sedangkan ban basah ada dua jenis yaitu intermediate dan wet.

Oleh karena itu agar lebih mudah untuk membedakannya, tiap tipe ban dibedakan berdasarkan warnanya, sebagai contoh untuk ban kering bertipe hard memiliki label warna jingga, medium berwarna putih, soft berwarna kuning, super soft berwarna merah dan ultra soft berwarna ungu.

Sedangkan untuk jenis ban basah, ban intermediate memiliki label warna hijau dan biru untuk ban wet. Ban kering juga dapat dibedakan berdasarkan adanya alur di badannya sebagai jalur air selain dari segi warnanya.

Ban jenis ultra soft (ungu) adalah ban yang mempunyai kompon yang paling lunak diantara jenis ban kering lainnya, namun ban ini punya daya cengkeram paling kuat walau paling cepat habis tergerus aspal.

Tepat satu tingkat diatas jenis ban ultrasoft yang lebih keras adalah super soft, diikuti soft, medium dan hard. Ban yang komponnya semakin keras maka daya cengkramnya akan menurun, na mun di lain sisi mempunyai ketahanan yang lebih tinggi terhadap gerusan aspal.

Sedangkan pada ban tipe basah seperti ban tipe wet mempunyai kompon yang lebih lunak dibandingkan intermediate karena ban wet digunakan ketika trek benar - benar tergenang air dan bisa 'memecah' air sampai 65 liter per detik. Berbeda dengan jenis ban intermediate yang digunakan saat lintasannya masih cukup kering atau tak ada genangan dan ban ini bisa 'memecah' air sampai 25 liter per detik.

Namun dari kesemua jenis ban tersebut tentunya sudah memenuhi spesifikasi standar untuk digunakan pada mobil F1. Seperti yang kita ketahui bahwa mobil F1 melaju dengan kecepatan rata - rata 300 km/jam. Tentu saat melakukan pengereman maka karet ban akan tergerus dengan cepat.

Karenanya Pirelli sudah mempunyai standar khusus untuk ban mobil F1, yang paling utama tentunya adalah ketebalan ban atau karet ban itu sendiri. Proses pengujian ketebalan karet ban menggunakan alat bantu seperti thickness meter / alat ukur ketebalan khusus untuk karet ban menjadi hal yang wajib dilakukan.

Hal ini tentu demi keselamatan pembalap itu sendiri karena ban adalah komponen yang langsung bergesekan dengan aspal. Dengan kecepatan yang sangat tinggi tersebut tentu akan menimbulkan panas yang besar, oleh karena itu ban juga dirancang agar dapat tahan terhadap panas hasil gesekan tersebut.

0 Response to "Jenis Ban Mobil F1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel