Konstruksi Rumah 2 Lantai

Konten [Tampil]
Konstruksi Rumah 2 Lantai - Untuk membuat rumah 2 lantai kita perlu menghitung struktur pondasi sloof kolom balok dan plat rumah dengan melihat bagaimana desainnya lebih dahulu. Hal ini digunakan untuk memperhitungkan struktur dan beban bangunan nantinya.

Kemudian kekuatan struktur dapat dihitung menggunakan software seperti SAP 2000, ETABS, TEKLA dan sejenisnya maupun secara manual. Hal ini tidak perlu Anda pikirkan maupun perhitungkan bila tidak ahli dalam bidang ini karena ada arsitek dan ahli bangunan yang dapat memperhitungkannya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah gambaran konstruksi rumah 2 lantai :
Struktur pondasi rumah 2 lantai

Pondasi ini lebih dikenal dengan pondasi cakar ayam yang biasa digunakan pada jenis tanah yang bagus. Pondasi ini memiliki ukuran 80 cm x 80 cm dengan ketebalannya 25 cm dengan menggunakan besi tulangan 12 cm dan jarak 15 cm. Ketebalan pondasi ini harus dipastikan menggunakan bantuan alat yaitu thickness meter / pengukur ketebalan karena akan mempengaruhi kekuatan pondasi. Bila tanah yang disekitarnya tidak berkualitas baik maka biasanya akan ditambahkan batu kali untuk menambahkan kekuatannya.
Struktur sloof rumah 2 lantai

Sloof pada rumah 2 lantai memiliki penampang persegi dengan ukuran 15 cm x 35 cm yang dipasang sebagai penghubung antar struktur kolom. Hal ini karena sloof berfungsi untuk menyatukan antar kolom sekaligus menyalurkan beban bangunan secara merata ke pondasi, untuk menambah kekuatannya pondasi ini akan menggunakan besi tulangan dengan diameter 12 cm sebanyak 6 buah yang dipasang dengan jarak 20 cm dengan ukuran diameter besi 8 mm.

Struktur kolom rumah 2 lantai

Apabila kolom pada lantai 1 ini diratakan dengan tembok atau tidak terlihat maka dapat menggunakan kolom dengan ukuran 15 cm x 40 cm, namun bila ingin menggunakan bentuk persegi empat sama sisi maka dapat memakai kolom dengan ukuran 25 m x 25 cm. Gunakan juga besi tulangan dengan diamater 12 cm sebanyak 6 buah dengan sengkang atau cincin berdiameter 8 mm yang dipasang setiap jarak 20 cm. Dan pada lantai duanya Anda cukup menggunakan kolom praktis saja dengan ukuran 15 cm x 15 cm dengan tulangan pokok 4D10, sengkang D8-200.

Struktur balok rumah 2 lantai 

Fungsi balok adalah sebagai dudukan plat sekaligus menyatukan hubungan antar kolom agar terjadi satu kesatuan struktur yang kuat. Untuk balok pada area dak dapat dibuat sama dengan sloof yaitu berukuran 15 cm x 35 cm dengan tulangan pokok 6D12 dan sengkang D8-200.

Struktur plat rumah 2 lantai


Pada ruangan standar seperti kamar tidur, ruang dapur dan sejenisnya dak lantai beton dapat dibuat dengan ketebalan 12 cm dengan besi tulangan berdiameter 10 mm yang dipasang setiap jarak 20 cm. Akan tetapi pada ruangan yang bebannya berat seperti jika ada kolam renang di lantai atas maka perlu ditambah ketebalan plat serta pembesiannya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kualitas adukan beton yang digunakan adalah K250 dengan jumlah takaran pasir, semen, dan koral yang perlu diatur agar menghasilkan kualitas struktur beton bertulang terbaik yang kuat namun tidak terlalu mahal.

0 Response to "Konstruksi Rumah 2 Lantai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel