Pengenalan Tentang PH Meter Dan Tempat Membelinya

Konten [Tampil]
Pengenalan Tentang PH Meter Dan Tempat Membelinya - PH meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan dari suatu larutan. pH meter dapat mengukur derajat keasaman atau kebasaan pada sebuah larutan dengan menggunakan skala pH antara 0 sampai 14. PH meter memiliki komponen yang bernama elektrode atau probe yang terbuat dari kaca yang berbentuk batang.
Pengenalan Tentang PH Meter Dan Tempat Membelinya


Elektrode memiliki komponen yang sangat sensitif yaitu sebuah bohlam yang digunakan untuk mensensor,sehingga kita tidak dapat menyentuhnya secara langsung bila ingin dibersihkan,maka kita perlu menggunakan tissue. Cara menggunakan pH meter yaitu dengan menyelupkan probe kedalam larutan yang akan diukur lalu menyimak hasil dari pengukuran tersebut.

Larutan yang dilarang untuk diukur pada pH meter yaitu :
  • Larutan yang memiliki suhu dibawah suhu kamar(air es/air dingin) karena hasilya tidak tepat.
  • Larutan yang memiliki suhu diatas suhu kamar ( air panas),karena dapat mengkibatkan hasil pengukuran tidak tepat.
  • Larutan yang tidak termasuk dalam daftar pengukuran pH meter tersebut.
Namun apabila larutan yang akan kita ukur memiiki suhu dibawah suhu kamar (air es/dingin), maka kita perlu menaikan suhunya agar sama dengan suhu kamar dan jika larutan yang akan kita ukur memiliki suhu diatas suhu kamar (air panas),maka kita perlu menurunkannya agar sama dengan suhu kamar.

Kelebihan pH meter yaitu :
  • Memiliki hasil pengukuran yang presisi.
  • Dapat digunakan berkali - kali. 
Apabila ingin menggunakan pH meter secara berkali - kali, maka kita perlu melakukan kalibrasi pada pH meter tersebut dengan larutan buffer pH = 4,01;7,00;10,01. Pada pemakaian normal pH meter perlu dikalibrasi setiap hari baik sebelum maupun setelah pemakaian.Namun ketika anda baru membeli pH meter,maka anda dapat langsung memakainya tanpa mengkalibrasinya terlebih dahulu karena pH meter telah dikalibrasi oleh pabrik dan hasil kalibrasi tersebut tertera dalam kotak dus.

Selain dikalibrasi untuk menjaga pH meter dapat kita lakukan dengan cara :
  • Menyimpan pH meter apabila tidak dipakai. Harus memperhatikan kelembaban udara yang ada pada ruangan dimana kita menyimpan elektrode,karena pada bagian gelembung gelasnya harus dalam kondisi lembab.Sehingga penyimpanan elektrode harus selalu direndam dalam air DI.Karena jika penyimpanan elektrode diletakan pada posisi kering,maka dapat mengakibatkan kerusakan pada membran gelas yang terdapat pada gelembung elektrode. Selain kelembaban,suhu udara juga perlu diperhatikan karena apabila pH meter disimpan pada suhu ruangan yang panas maka akan menyebabkan kerusakan pada alat sensor suhu.
  • Apabila muncul pesan low baterry  maka kita harus menggati baterrynya.
Banyak dijumpai toko yang menjual pH meter air dan tanah dengan spesifikasi yang beragam. Salah satunya di CV Java Multi Mandiri,selain pH meter alat ukur lainnya juga tersedia dengan berbagai bentuk,warna,dan ukuran.

0 Response to "Pengenalan Tentang PH Meter Dan Tempat Membelinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel