Kandungan Gas LPG

Konten [Tampil]
Kandungan Gas LPG - LPG (liquified petroleum gas) atau yang sering dikenal dengan elpiji merupakan gas minyak bumi yang dicairkan. Gas LPG biasanya digunakan oleh manusia di dapur terutama oleh ibu rumah tangga.


Sebelum dalam bentuk cair dari alam, LPG masih berbentuk gas dengan beberapa unsur seperti etana dan juga hidrokarbon baru lalu akan berubah menjadi gas jika telah mengalami penekanan dan juga penurunan suhu.

Yang termasuk kandungan utama lpg yaitu mengandung hidrokarbon ringan lain dengan jumlah kecil, misal seperti propana (C3H8), etana (C2H6), pentana (C5H12) dan juga butana (C4H10). Untuk mendeteksi kebocoran gas anda dapat menggunakan alat ukur gas.

Alat tersebut adalah alat yang tepat untuk mendeteksi kebocoran gas. Apabila anda memerlukan  alat ukur gas anda bisa membelinya di alat ukur Indonesia. Berdasarkan pencairannya, LPG dibagi menjadi 2 yaitu:

1. LPG Refrigerated
LPG Refrigerated merupakan LPG yang dicairkan dengan didinginkan. Cara pencairan LPG jenis ini biasanya dipakai untuk mengapalkan LPG dengan jumlah besar. Misal mengirim LPG dari negara Arab ke Indonesia.

Diperlukan tanki penyimpanan khusus yang harus didinginkan supaya LPG tetap berbentuk cair juga diperlukan proses khusus untuk mengubah LPG refrigerated menjadi LPG pressurized.

2.LPG Pressurized
LPG Pressurized merupakan LPG yang dicairkan dengan ditekan dengan tekanan sekitar 4-5 kilogram per centi meter persegi. LPG ini disimpan pada tabung atau tanki khusus yang bertekanan tinggi.

LPG jenis ini merupakan jenis LPG yang banyak dipakai dalam berbagai aplikasi di rumah tangga dan juga industri, sebab penyimpanan dan pemakaiannya tidak membutuhkan penanganan khusus seperti LPG Refrigerated.

LPG mempunyai volume lebih kecil dengan bentuk cair dibanding dengan kondisi sebelumnya ketika dengan bentuk gas, namun beratnya tetap sama. LPG mempunyai sifat yang cepat memanas dari cairan yang terkandungnya, maka tabung elpiji tidak diisi sampai penuh melainkan 80 persen sampai 85 persen dari kapasitasnya.

Sifat - sifat gas LPG antara lain tidak memiliki racun, memiliki bau yang menyengat. Sekarang LPG mempunyai banyak manfaat untuk menggantikan minyak tanah, walapun seperti itu gas tersebut mempunyai resiko yang tinggi terhadap pemakainya yaitu kebocoran pada tabung yang dapat menyebabkan ledakan karena memiliki sifat yang mudah terbakar.

Manfaat gas LPG yaitu:
1.Dipakai sebagai bahan bakar untuk kebutuhan memasak rumah tangga.
2.Dipakai sebagai bahan baku untuk kebutuhan industri.

LPG mempunyai kelebihan yaitu sangat ramah lingkungan sehingga cocok sekali dipakai untuk keperluan orang banyak.

0 Response to "Kandungan Gas LPG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel