Fungsi Ultrasonic Cleaner

Konten [Tampil]
Fungsi Ultrasonic Cleaner - Ultrasonic Cleaner merupakan alat yang berguna untuk membersihkan gelombang ultrasonik pada suatu benda secara tepat dan cepat. Pada dunia kedokteran alat ini berfungsi untuk membersihkan atau mensterilkan peralatannya hingga komponen terkecil. Selain itu alat ini juga dimanfaatkan untuk mencuci jenis perhiasan agar terlihat bersih dan mengkilap.

Gelombang ultrasonik bisa digunakan menggunakan air biasa, akan tetapi tidak akan se-efektif ketika ditambah solvent khusus yang akan membuat efek lebih maksimal. Proses pembersihan pada ultrasonic cleaner sekitar 3 sampai 6 menitan. Dan dengan cepatnya perkembangan alat ukur dan tester saat ini alat ultrasonic cleaner sudah banyak dijual diberbagai toko-toko online maupun perusahaan.

Pembersihan ultrasonik dilakukan dengan gelombang kavitasi yang diinduksikan dengan tekanan frekuensi yang tinggi. Proses agitasi akan menyebabkan tekanan besar pada objek yang melekat seperti gelas, karet, keramik dan plastik. Tekanan akan masuk melalui lubang objek diatas.
Tujuan sebenarnya adalah melakukan pembersihan dari segala kontaminasi yang terdapat pada benda padat. Cairan pembersihnya juga berbeda, tergantung dengan jenis kontaminasinya. Kontaminan ini bisa berupa debu, jamu, bakteri dan masih banyak lagi.

Pembersih ultrasonik ini dapat digunakan untuk berbagai ukuran, jenis dan material alat bantu, dan tidak perlu dipisahkan bagian-bagiannya saat dibersihkan. Sample tidak boleh diletakan pada posisi bawah alat pada saat proses pembersihan, karena mencegah proses cavitasi pada sample tersebut tidak terkena cairan atau air. Oleh karena itu dibutuhkan alat untuk menahan sample diatas bagian bawah.

Ketika memperoleh sistem ultrasonik dengan banyak frekuensi antara 20 sampai 950 kHz, dan dapat dipilih berdasar pekerjaan, jenis dari kontaminan alat yang akan dibersihkan dan tingkat kebersihannya yang akan dicapai.

Standar frekuensi saat pembersihan

  • Frekuensi yang sangat umum dipakai untuk pembersihan berat pada mesin logam berat, tanah yang sangat berminyak bernilai 20-40 kHz.
  • Frekuensi yang berfungsi untuk pembersihan umum dari mesin optik dan sangat baik untuk membersihkan partikel kecil berkisar 4-70kHz.
  • Frekuensi yang dipakai untuk pembersihan ringan secara ultra dari optik, semikonduktor dan disk drive bernilai 70-200 kHz.



0 Response to "Fungsi Ultrasonic Cleaner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel