Cara Menggunakan Lux Meter

Cara Menggunakan Lux Meter - Hallo sahabat Passerad, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menggunakan Lux Meter, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Ukur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menggunakan Lux Meter
Link : Cara Menggunakan Lux Meter

Baca juga


Cara Menggunakan Lux Meter

Cara Menggunakan Lux Meter - Lux meter adalah sebuah  alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya  pada suatu daerah tertentu. Lux Meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto dan layar panel. Sensor harus diletakan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstasnya.


Cara Menggunakan Lux Meter


 Cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang akan  diteruskan sel foto menjadi arus listrik. Semakin banyak cahaya yang diserap oleh sel, berarti arus yang dihasilkan semakin besar. Sensor yang digunakan pada lux meter adalah photo diode. Sensor tersebut termasuk sensor jenis cahaya atau optic. 

Sensor cahaya atau optic merupakan sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dari sumber cahaya, pantulan  cahaya yang mengenai suatu daerah tertentu. Kemudian dari hasil  pengukuran yang dilakukan akan muncul pada layar panel.

Pada dasarnya fungsi dari  lux meter  yaitu sebuah meteran yang memiliki kemampuan untuk  pengukuran intensitas cahaya di dalam ruangan maupun diluar ruangan yang akan jatuh mengenai sensor melalui diafragma, oleh sebab itu lux meter  sangat berguna bagi  fotografer   untuk mencari keseimbangan pencahayaan.

Bagian - bagian Lux meter yaitu  :

        1.Tombol range                :  Yaitu tombol yang digunakan untuk kisaran.
2.Tombol power              : Yaitu tombol yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan  alat.                  
3.Layar panel                   : Layar yang digunakan untuk menampilkan hasil pengukuran.
4.Tempat baterai            : Tempat yang digunakan untuk memasang dan mengganti baterai.
5.Sensor cahaya              : Untuk mengukur cahaya.
6.Kabel penghubung    : Kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara sensor  dengan alat sehingga terbaca pada layar panel.

CARA MENGGUNAKAN LUX METER :

1.      Geser tombol ”off/on” menuju kearah On.
2.      Pilih kisaran range yang akan diukur sesuai dengan kebutuhan ( 2.000 lux, 20.000 lux atau 50.000 lux) pada tombol range.
3.      Arahkan sensor cahaya kepermukaan daerah yang akan diukur kuat penerangannya.
4.      Amatilah hasil pengukuran yang terdapat pada layar panel.
 
   Menurut trijinx.com hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan lux meter adalah alat sensornya, karena alat sensor merupakan hal yang terpenting yang terdapat lux meter, sensornya yang akan mengukur kekuatan penerangan suatu cahaya.

   Maka dari itu sensor harus diletakan pada daerah yang akan diukur tingkat kekuatan cahayanya (iluminasi) secara tepat supaya  hasil yang ditampilkan pun akuarat.Apabila anda ingin menemukan lux meter dengan berbagai spesifikaasi, jenis, dan bentuk yang beragam anda perlu mencari toko yang menjual lux meter lengkap.


Demikianlah Artikel Cara Menggunakan Lux Meter

Sekianlah artikel Cara Menggunakan Lux Meter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan Lux Meter dengan alamat link http://passerad.blogspot.com/2017/03/cara-menggunakan-lux-meter.html

0 Response to "Cara Menggunakan Lux Meter"

Posting Komentar