Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya

Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya - Hallo sahabat Passerad, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alat Ukur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya
Link : Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya

Baca juga


Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya

Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya - Lux meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya intensitas cahaya di suatu tempat. Besarnya intensitas cahaya ini harus diketahui karena manusia membutuhkan penerangan yang cukup. Agar kita mengetahui besarnya intensitas cahaya maka kita membutuhkan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya.

Cahaya adalah  sejenis energi yang berbentuk gelombang elekromagnetik yang dapat dilihat menggunakan mata. Cahaya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Matahari merupakan sumber cahaya utama di bumi. Tanaman hijau memerlukan cahaya untuk membuat makanan. Sinar matahari yang datang bisa disebut sinar alami.

Sifat cahaya yaitu cahaya bergerak lurus ke semua arah. Untuk mengukur intensitas cahaya anda dapat menggunakan alat ukur intensitas cahaya. Apabila anda ingin mencarinya anda bisa mengunjungi website trijinx.com .

Apabila jarak antara sumber cahaya ke sensor semakin jauh maka akan semakin kecil nilai yang ditunjukan lux meter. Hal ini membuktikan jika semakin jauh jarak antara sumber cahaya ke sensor maka intensitas cahaya akan berkurang. Dalam menunjukan hasil pengukuran lux meter menggunakan format digital yang terdiri dari rangka sebuah sensor. Sensor tersebut diletakan di sumber cahaya yang akan diukur intenstas cahayanya.

Berkurangnya intensitas cahaya dapat dideteksi oleh alat yang peka terhadap perubahan intensitas cahaya, ialah fototransistor. Fototransistor dapat digunakan sebagai rangkaian pengukur intensitas cahaya dengan sebuah rangkaian penguat sederhana berdasar rangkaian Op-Amp.

Pada lux meter menggunakan sensor cahaya photo dioda.  Photo dioda biasanya digunakan sebagai pendeteksi ada tidaknya cahaya atau juga dapat digunakan untuk membentuk sebuah alat ukur yang akurat yang dapat mendeteksi intensitas cahaya diatas 10mW/cm2 atau intensitas dibawah 1pW/cm2.

Photo dioda memiliki resistansi yang tidak tinggi pada kondisi forward bias, kita dapat menggunakan photo dioda pada kondisi reverse bias dimana resistansi dari photo dioda akan down seiring dengan intensitas cahaya yang masuk.

Berbagai jenis cahaya yang masuk pada lux meter apakah itu cahaya alami maupun buatan akan memperoleh respon yang berbeda dari sensor. Semua warna yang diukur akan menghasilkan suhu warna yang berbeda, dan panjang gelombang yang berbeda . Oleh sebab itu pembacaan hasil yang diperlihatkan oleh layar panel adalah campuran dari efek panjang gelombang yang ditangkap oleh sensor photo diode.


Demikianlah Artikel Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya

Sekianlah artikel Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya dengan alamat link http://passerad.blogspot.com/2017/03/pengaruh-alat-ukur-intensitas-cahaya.html

0 Response to "Pengaruh Alat Ukur Intensitas Cahaya"

Posting Komentar