Perbedaan AWS, AWOS, ASOS, AWSS

Konten [Tampil]
1.AWS (Automatic Weather Station)
AWS merupakan stasiun yang melakukan pengukuran yang mengirim maupun mencatat hasil pengamatan parameter cuaca secara otomatis dan juga secara langsung membuat kode yang telah dikonversi. Automatic weather station (AWS) merupakan stasiun meteorologi yang melakukan pengamatan cuaca dan mengirim hasilnya secara otomatis.


Pengumpulan data dari alat pengukuran otomatis bisa diproses secara lokal di AWS ataupun ditempat lain misalnya di central processor pada jaringan/network. Automatic weather stations dirancang dengan konsep yang terintegrasi dari alat pengukuran otomatis, data acquisition dan processing unit.

Campuran antara sistem instrumentasi, interface, pemroses data dan juga unit pengiriman biasanya disebut dengan istilah Automated Weather Observing System (AWOS) atau Automated Surface Observing System (ASOS). Ini bisa memperjelas bahwa AWS tidak sekedar diartikan sebagai stasiun saja namun bisa juga diterangkan lebih luas sebagai sebuah sistem.

2.Automated Weather Observing System (AWOS)
Automated Weather Observing System (AWOS) dijalankan dan dikontrol oleh Federal Aviation Administration (FAA), National Weather Service (NWS) and Department of Defense (DOD), di sini tidak ada aturan secara mutlak tentang pengoperasian dan pengembangannya.

Pada umumnya, pelaporan AWOS dilaksanakan dengan interval 20 menit-an dan tidak ada laporan pengamatan khusus terhadap perubahan kondisi cuaca. Ada beberapa macam dari AWOS menurut penggunaan sistem sensor yang sudah terinstal.

Seperti type AWOS-III, mempunyai pengamatan temperature dan dewpoint dalam derajat Celsius, wind speed&direction dalam knots, visibility, cloud, altimeter dan ceiling s/d 12.000 feet, selain itu dapat juga ditambahkan sensor seperti  present weather, freezing rain, dan thunderstorm (lightning).

3.Automated Surface Observing System (ASOS)
Automated Surface Observing System (ASOS) dijalankan dan dikontrol oleh NWS, FAA and DOD. ASOS dikembangkan dari tahun 1991 sampai 2004.  Secara umum pelaporan ASOS dilakukan pada interval 1 jam dengan memberikan laporan perubahan kondisi cuaca ekstrim dan pelaporan menurut kepentingan penerbangan.

Parameter cuaca yang dilaporkan biasanya sama seperti AWOS-III, dengan tambahan yang akan memungkinkan seperti temperature dan dewpoint pada derajat Fahrenheit, present weather, icing, lightning, sea level pressure dan akumulasi precipitation. Selain untuk keperluan penerbangan, ASOS juga bisa dipakai untuk jaringan pengamatan yang Klimatologi.

4.Automated Weather Sensor System atau ( AWSS )
Automated Weather Sensor System atau (AWSS) ini dijalankan dan dikontrol oleh Federal Aviation Administration (FAA), National Weather Service (NWS) and Department of Defense (DOD), disini tidak ada aturan secara mutlak tentang pengoperasian dan pengembangannya. Karakteristik cara melaporkan AWSS hampir sama seperti ASOS.

Apabila anda ingin menggunakan alat pengukur cuaca dan iklim, anda bisa mencarinya di toko alat ukur online maupun offline. Salah satu toko online yang menyediakan alat tersebut yaitu alat ukur Indonesia, caranya dengan mengunjungi website alat ukur Indonesia.

0 Response to "Perbedaan AWS, AWOS, ASOS, AWSS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel