Apa Itu Salinitas Air

Konten [Tampil]
Apa Itu Salinitas Air - Salinitas sendiri mempunyai 2 macam yaitu salinitas tanah dan air salinitas tanah adalah kandungan seluruh garam yang berada di tanah, suatu peningkatan kadar garam disebut juga dengan salinisasi.

Apa Itu Salinitas Air

Pengertian salinitas air adalah tingkat keasinan atau kadar garam yang terlarut dalam air. Satuan salinitas bisa dinyatakan dalam gram garam per kilogram air, atau juga bisa dalam bagian per seribu (ppt atau ‰).

Sedangkan salinitas atau tingkat keasinan digunakan untuk menyatakan banyaknya kadar garam yang terkandung di dalam air dan biasanya digunakan untuk mengukur kadar garam pada air laut. Hal ini karena pada dasarnya air laut secara alami mengandung kadar garam yang tinggi, hanya saja kadarnya yang berbeda - beda.

Salinitas air laut sendiri dapat kita ukur menggunakan alat pengukur kualitas air atau water test kit. Dengan alat tersebut maka tingkat salinitas air dapat diukur dengan mudah. Setiap laut tentunya akan memiliki nilai salinitas yang berbeda - beda, lantas hal apa yang dapat menyebabkan hal tersebut?

Faktor - faktor seperti pasang surut, penguapan, curah hujan, topografi perairan, serta presipitasi dapat mempengaruhi nilai salinitas pada suatu perairan. Air laut yang memiliki kadar garam yang terlampau tinggi akan membuat tidak banyak organisme yang dapat hidup di laut tersebut.

Sebuah danau yang disebut laut mati merupakan suatu tempat dengan air alami yang memiliki kadar garam paling tinggi dimana kadar garamnya dapat mencapai 32%. Nilai ini jauh beberapa kali lipat dibandingkan kadar garam air laut yang hanya sekitar 3,5%. Karena kadar garamnya yang sangat tinggi inilah yang membuat tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di danau ini.

Salinitas juga dimiliki dalam tanah, sama halnya dengan salinitas air dimana salinitas tanah yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk ditumbuhi tanaman. Hal ini karena kadar garam yang tinggi dapat mempengaruhi air tanah menjadi air payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia dan juga tumbuhan.

Tanah dengan salinitas yang tinggi dapat dipengaruhi karena beberapa hal seperti halnya pasang surut air laut dan intrusi yang merupakan peristiwa merembesnya air laut ke dalam bebatuan yang dapat menyebabkan air tanah di dalamnya ternoda dengan garam dari air laut.

Oleh karena itu pengukuran kadar garam ini menjadi hal penting, terlebih kadar garam atau salinitas air. Bagi Anda yang memiliki kolam ikan, udang dsb tentu perlu untuk mengetahui kadar garam pada air tersebut. Karenanya sebaiknya Anda mempunyai water test kit yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai parameter air termasuk salinitas air.

Anda bisa mendapatkan alat ukur tersebut di CV. Java Multi Mandiri yang merupakan perusahaan penyedia alat ukur dan uji terbaik yang ada di Indonesia. Disini kami menyediakan alat ukur terbaik dengan garansi penuh selama 1 tahun.

0 Response to "Apa Itu Salinitas Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel