Membuat Ekstrak Kulit Manggis

Konten [Tampil]
Membuat Ekstrak Kulit Manggis - Kulit manggis ternyata mengandung banyak khasiat dibandingkan dengan buahnya. Karenanya produk olahan dari ekstrak kulit manggislah yang banyak dikembangkan.

Membuat Ekstrak Kulit Manggis

Produk turunan terutama ekstrak serbuk dari kulit manggis tersebut saat ini digemari oleh masyarakat. Masyarakat lebih menyukai produk herbal dari pada kimiawi dalam mengobati atau mempertahankan kesehatannya. Sebenarnya kulit manggis dapat diekstrak dengan berbagai cara, namun pengolahan yang paling umum adalah mengolahnya menjadi serbuk atau bubuk.

Selain lebih efisien dalam pembuatannya, ekstrak kulit manggis dalam bentuk serbuk juga mempunyai daya tahan yang lebih lama sebelum akhirnya digunakan atau dikonsumsi. Proses pembuatannya sebenarnya juga sangat mudah, berikut adalah proses pembuatan ekstrak kulit manggis :

1. Pilih Manggis Yang Baik

Tentu sebelum kita membuat ekstrak kulit manggis maka terlebih dahulu kita memilih buah manggis yang berkualitas baik. Buah manggis yang berkualitas baik memiliki ciri yaitu buah manggis yang utuh, tidak busuk dan masih terlihat segar.

2. Kulit Dipotong Kecil - Kecil

Setelah kita memilih buang manggis yang berkualitas baik maka selanjutnya adalah cucilah buah tersebut hingga bersih, namun patut diperhatikan cucilah tanpa menggunakan sabun untuk menghindari atau meminimalisir sentuhan dari produk kimia. Setelah dirasa bersih maka selanjutnya buka buah tersebut dan pisahkan dari isinya, kemudian kulit manggis yang tersisa diiris tipis - tipis dengan ukuran kurang lebih 4 cm.

3. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Setelah dipotong maka proses selanjutnya adalah kulit buah manggis akan dijemur di bawah terik matahari. Kulit manggis ini ditempatkan pada suatu wadah atau loyan secara merata agar setiap bagian mendapatkan panas yang sama, hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar air pada kulit manggis. Proses ini biasanya memakan waktu selama 2 hingga 3 hari pada kondisi umumnya. atau bisa menggunakan alat ukur kelembaban bijian untuk mengukur kadar airnya.

4. Tumbuk Hingga Halus

Setelah kulit manggis benar - benar sudah kering maka selanjutnya Anda dapat menumbuknya hingga halus untuk mengekstrak kulit manggis tersebut. Anda dapat menumbuknya dengan cara sederhana maupun menggunakan gilingan cabe, namun yang perlu diperhatikan disini adalah pastikan semua media yang digunakan dalam keadaan bersih.

5. Simpan Di Tempat Tertutup

Setelah kulit manggis ditumbuk hingga halus maka selanjutnya Anda tinggal menyimpannya di tempat yang tertutup dan kedap udara serta pada suhu kamar antara 25°C – 30°C untuk menjaga kualitas dan keawetan ekstrak kulit manggis. Oleh para produsen ekstrak kulit manggis bubuk ini akan disimpan pada kapsul untuk memudahkan dalam pengemasan dan ketika dikonsumsi.

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis:

Untuk kembali mengingatkan anda tentang pentingnya ekstrak kulit manggis bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika rutin mengkonsumsinya :
  1. Awet muda
  2. Mencegah kanker
  3. Mengobati radang
  4. Mencegah penyakit saraf
  5. Mengobati sesak nafas
  6. Mengatasi sakit diare
  7. Mencegah terbentuknya batu ginjal
  8. Mengobati bisul
  9. Menurunkan kolesterol jahat
  10. Menstabilkan gula darah
  11. Memperkuat kekebalan tubuh
  12. Mengatasi wasir
  13. Menurunkan darah tinggi
  14. Mencegah penyakit jantung, dll

0 Response to "Membuat Ekstrak Kulit Manggis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel