Lux Meter Adalah

Konten [Tampil]
Lux Meter Adalah - Lux meter merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur besarnya jumlah intensitas cahaya di suatu/daerah. Besarnya jumlah intensitas cahaya perlu diketahui karena manusia juga sangat membutuhkan penerangan yang cukup.



Untuk mengetahui besarnya jumlah intensitas cahaya, maka dibutuhkan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya. Jarak yang jauh antara sumber cahaya ke sensor,maka semakin kecil nilai yang ditunjukkan lux meter tersebut. Ini membuktikan bahwa jarak yang jauh, akan mampengaruhi intensitas cahaya yang akan dihasilkan.

Lux meter didalam memperlihatkan hasil pengukurannya sudah memakai format digital yang terdiri dari rangka, sebuah sensor. Sensor tersebut ditempatkan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstas cahayanya.

Lux meter dapat digunakan untuk mengukur tingkat iluminasi. Hampir seluruh lux meter terdiri dari sebuah sensor dengan sel folta dan rangka. Sensor ditempatkan pada cahaya yang akan diukur, cahaya akan menyinari sel folta sebagai energi yang akan diteruskan sel foto dan mengubahnya menjadi arus listrik.

Banyaknya cahaya yang diserap oleh sel, akan mempengaruhi arus yang akan dihasilkannya. Kunci untuk mengingat cahaya yaitu cahaya selalu membuat beberapa jenis perbedaan pada warna pada panjang gelombang yang berbeda - beda. Maka dari itu, pembacaan adalah kombinasi efek dari semua panjang gelombang yang ada.

Standar warna bisa dijadikan sebagai referensi untuk suhu warna dan dinyatakandengan derajat Kelvin. Standar suhu warna yang digunakan untuk kalibrasi pada sebagian besar jenis cahaya adalah 2856 derajat Kelvin, yang lebih kuning dari warna putih.

Baca Juga : Loker Purwokerto

Beberapa jenis dari cahaya lampu menyala pada suhu warna yang berbeda - beda. Pembacaan lux meter akan berbeda, berdasarkan variasi sumber cahaya yang berbeda dari intensitas yang sama. Sehingga menjadikan beberapa cahaya terlihat lebih tajam atau lebih lembut dari pada yang lain.

Fungsi dari bagian- bagian lux meter yaitu :
  • Layar panel : Mampu menampilkan hasil pengukuran
  • Tombol Off/On : Tombol yng digunakan untuk menyalakan atau mematikan lux meter
  • Tombol Range : Tombol kisaran ukuran
  • Zero Adjust VR : Mampu mengkalibrasi alat (bila terjadi error)
  • Sensor cahaya : Alatyang digunakan untuk mengkoreksi/mengukur cahaya.
Prosedur Penggunanaan Alat

Dalam mengoperasikan lux meter sangat sederhana. Tidak serumit dengan alat ukur lainnya, penggunaannya harus benar- benar diperhatikan yaitu alat sensornya, karena sensornya yang akan mengukur kekuatan intensitas suatu cahaya. Sehingga sensor harus diletakan pada daerah yang akan diukur tingkat kekuatan intensitas cahayanya secara tepat supaya hasil yang akan dihasilkan juga akuarat. Menurut trijinx.com prosedur penggunaan lux meter adalah sebagai berikut :

  1. Geser tombol ”off/on” kearah On.
  2. Pilih kisaran range yang akan diukur ( 2.000 lux, 20.000 lux atau 50.000 lux) pada tombol Range.
  3. Arahkan sensor cahaya menggunakan tangan pada permukaan daerah yang akan diukur kuat intensitas cahayanya
  4. Lihat hasil pengukuran pada layar panel
Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lux meter adalah sensor cahaya yang bersifat sangat sensitif. Dalam perawatan sensor, sensor harus diamankan pada tempat yang aman. Sehingga sensor dapat terus berfungsi dengan baik, karena sensor ini merupakan komponen paling vital pada lux meter.

Lux meter sangat bermanfaat bagi fotografer, karena mampu menentukan pencahayaan yang tepat pada objek yang akan difoto. Tidak hanya pada fotografer, lux meter juga dibutuhkan pada sebuah pabrik untuk mengukur cahaya pada setiap ruangan sesuai dengan fungsi dari ruangan tersebut. Maka dari itu, sekarang ini sudah banyak toko, baik toko ofline maupun toko online yang menjual alat lux meter.

0 Response to "Lux Meter Adalah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel