Dampak Debu Terhadap Kesehatan

Konten [Tampil]
Dampak Debu Terhadap Kesehatan - Debu ialah elemen kecil berbentuk padat yang mempunyai diameter kurang dari 500 mikrometer. Debu biasanya berasal dari sejumlah sumber yang disebarkan melalui angin, gunung meletus maupun pencemaran lainnya. Debu udara dianggap melayang (aerosol) dan bisa mengakibatkan radiasi lokal yang berimbas terhadap iklim.


Maka dari itu seiring dari perkembangan zaman maka dibuat alat-alat canggih seperti Particle Counter (Penghitung Partikel), alat ini digunakan untuk menghitung partikulat udara yang ada disekitar kita. Dengan pesatnya perkembangan alat ukur dan alat tester, alat ini sudah banyak dijual di berbagai macam media-media online serta perusahaan yang menjual alat ukur dan alat tester.

Dampak Debu Terhadap Kesehatan:

  • Iritasi pada pernafasan.
  • Gangguan pada kulit.
  • Gangguan pada mata.
  • Resikon dust explosion serta kebakaran.
  • Menghalangi penglihatan.
  • Merusak peralatan





Tidak semua debu memberi akibat untuk kesehatan, hal tersebut bergantung pada faktor-faktor seperti, komposisi debu, konsentrasi debu, mineral, kimia, ukuran dan bentuk partikel debu, lama paparan terkena debu.

Jika terkena paparan debu yang lama maka akan mengakibatkan terjadinya penyakit pernafasan seperti pneumokoniosis, penyakit ini umumnya menyerang para pekerja tambang. Dan untuk menanggulangi masalah seperti ini bisa menggunakan masker atau saputangan ketika berada di tempat yang berdebu.

Maka dari itu kesehatan ialah hal terpenting terutama pada perusahaan yang memproduksi produk farmasi, produk elektronik, laboratorium dan pesawat terbang. Jika tempat terlihat bersih dan rapi maka akan mencerminkan kualitas dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Kebersihan dalam hal ini dimaksud debu akan merusak kualitas produk. Beberapa jenis produk yang sensitif terhadap debu seperti komponen elektronika, komponen semikonduktor serta komponen optik. Produk tersebut memerlukan ruangan bebas dari debu artinya ukuran dan jumah debu pada ruangan tersebut harus dijaga.

Berbagai perusahaan yang menghasilkan banyak debu dan mencemari lingkungan adalah seperti konstruksi, agrikultur dan penambangan. Dan pada proses manufaktur debu juga dihasilkan dari berbagai aktivitas seperti crushing, grinding, abrasion. Jumlah debu yang dihasilkan juga tergantung dari jenis proses dan bahan yang akan diproses.



0 Response to "Dampak Debu Terhadap Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel