Jenis-Jenis Anemometer

Konten [Tampil]
Thermo Anemometer - Alat ukur kecepatan angin yang berguna untuk mengukur dan menguji kalkulus udara dan aliran angin. Memiliki fungsai sebagai alat uji yang dimanfaatkan untuk mengukur kecepatan angin atau juga sering disebut “Anemometer”.



Anemometer yaitu alat ukur kecepatan angin serta merupakan salah satu instrumen stasiun cuaca umum. dalam bahasa yunani, anemometer ialah anemous yang memiliki arti angin.

Anemometer digunakan untuk menggambarkan setiap instrumen pengukuran kecepatan udara yang digunakan dalam aerodinamis atau meteorologi. Selain digunakan untuk mengukur kecepatan angin, anemometer juga dapat digunakan untuk mengetahui arah angin dan memperkirakan besar kecepatan angin.

Anemometer dianjurkan ditempatkan di ruang lingkup lingkungan yang terbuka (tidak tertutup). Jadi proses kerja dari anemometer ini yaitu ketika tertiup angin. Baling-baling yang berada pada anemometer akan bergerak sesuai dengan arah angin yang berhembus.

Di dalam alat anemometer ada alat pencatat yang akan mengitung berapa kecepatan angin. Hasil yang didapat akan dicatat kemudian dicocokkan dengan skala beaufort.

Salah satu dari jenis anemometer yaitu Anemometer termal, dimana sensor yang dimanfaatkan untuk mengukur berapa jumlah kecepatan dari angin (fluida) sesaat. prinsip kerja dari sensor alat ukur anemometer termal tersebut yaitu berdasarkan jumlah panas yang hilang dengan cara mengkonvektif dari sensor ke arah lingkungan di sekeliling sensor.

Peralatan anemometer membutuhkan proses kalibrasi, proses kalibrasi ini dilakukan secara periodic untuk menjaga nilai akurasi atau ketepatan nilai pada proses pengukurannya. Anemometer biasanya dimanfaatkan dalam bidang meteorology, pengamatan cuaca, iklim-iklim dan sejenisnya.

Secara umum anemometer dibedakan menjadi dua jenis, yaitu velocity anemometer adalah anemometer yang berfungsi untuk mengukur kecepatan angin, dan anemometer tekanan adalah anemometer yang berfungsi untuk mengukur tekanan angin.

Dari kedua jenis tersebut, anemometer yang memiliki fungsi untuk mengukur nilai kecepatan angin (velocity anemometer) ialah anemometer yang biasanya digunakan. Salah satu jenis dari anemometer ini yaitu termal anemometer atau yang biasa disebut hot wire anemometer yaitu anemometer yang berguna untuk mengkonfersi perubahan suhu menjadi kecepatan angin.

Akan tetapi, dikarenakan kedua jenis anemometer mempunyai fungsi yang sama, maka anemometer dirancang untuk memberikan informasi tentang keduanya.

apabila anda ingin mempunyai Anemometer ini, anda hanya perlu mengunjungi website Alat Ukur Indonesia. Di web itu anda dapat memilih anemometer yang ingin anda gunakan.

0 Response to "Jenis-Jenis Anemometer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel