Sifat Fisik Besi

Konten [Tampil]
Sifat Fisik Besi - Besi adalah elemen kimia yang menggunakan simbol Fe atau bahasa latinnya ferrum dan nomor atom 26. Besi ini adalah logam pada deret transisi utama. Besi juga ialah unsur keempat terbesar pada permukaan kerak bumi.

Besi juga banyak dimanfaatkan manusia untuk kepentingan dalam membuat bangunan karena sifat besi sendiri yang kuat. Maka dari itu saat ini sudah ada alat yang dipakai untuk mengukur kekuatan dan ketahanan dari besi, sebetulnya bukan hanya untuk mengukur besi, tapi masih banyak seperti, batu, baja, logam, kayu dan lain-lain. Fungsi alat ini tentunya untuk mengukur seberapa kuat dari bahan tersebut agar pada saat dimanfaatkan dalam pekerjaan tahu apakah bahan tersebut aman atau tidak.
Alat yang dimaksud adalah Hardness Tester, alat ini banyak diperjual belikan di toko-toko ataupun media-media online alat ukur dan alat tester. Logam besi harganya juga tergolong murah, dan untuk mencegah besi menjadi berkarat kita melapisinya dengan cat, plastik untuk menyingkirkan air pada permukaan besi. Besi juga digunakan sebagai campuran untuk membuat baja, dan ukuran baja jelas lebih kuat dari besi tanpa campuran. Kekuatan baja bisa mencapai 1000 kali lipat dibanding dengan besi yang menjadi bahan campuran pembuatan baja.
Sifat Fisik Besi
Besi mempunyai sifat yang elastis dan lunak, elastis yang dimaksud ialah mampu ditarik tanpa putus, sedangkan lunak yang dimaksud mampu ditempa dan bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk. Besi juga memiliki sifat daya tarik yang sangat tinggi, dan besi sangat mudah untuk dibengkokan, digulung, dipotong, dibentuk maupun dicampur dengan logam lainnya. Titik lebur dari besi murni ialah 1536 C atau sekitar 2797 F dan titik didih sebesar 3000 C (5400 F). Besi memiliki densitas atau kerapatan 7,87 gram/cm3.
Sifat Kimia Besi
Besi mempunyai sifat yang sangat aktif, besi mudah bereaksi dengan oksigen yang mengakibatkan besi menjadi berkarat (oksidasi besi Fe2O3). Besi juga bisa bereaksi dengan air dan uap yang menimbulkan hidrogen. Besi juga dapat larut dengan larutan asam.


0 Response to "Sifat Fisik Besi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel