Alat Untuk Mengukur Kadar Air Kayu

Konten [Tampil]
Alat Untuk Mengukur Kadar Air Kayu - Kadar air kayu merupakan kandungan air yang terdapat dalam kayu maupun produk turunan dari kayu yang dinyatakan secara kuantitatif dalam persen yang diukur dari berat kayu kering atau bebas air dibandingkan berat basahnya.

Alat Untuk Mengukur Kadar Air Kayu

Berat kering ini digunakan sebagai standar karena berat kering ini merupakan indikasi dari jumlah bahan solid dalam kayu. Sebelum kayu ini diolah maka faktor kadar air ini haruslah sangat diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi kualitas kayu tersebut.

Dengan kadar air yang sesuai maka akan ada banyak keunggulan dari kayu tersebut, seperti :
  • Dimensi kayu akan stabil : dengan kadar air yang sesuai maka kayu tidak akan mengalami pengembangan atau penyusutan yang dapat terjadi pada kayu yang basah.
  • Tidak mudah lapuk, hal ini karena dengan kadar air yang sesuai maka kayu akan lebih solid dan kokoh dan tidak mudah terkena rayap.
  • Kayu akan lebih ringan dan akan memudahkan saat proses pengangkutan. Selain itu kayu juga akan awet bila harus disimpan dalam waktu yang lama.
  • Dengan kadar air yang sesuai maka akan memudahkan proses pengolahan kayu selanjutnya.

Di Indonesia standar untuk kadar air kayu sendiri untuk penggunaan di dalam ruangan adalah kurang dari 15% dan di luar ruangan biasanya sampai 18% dan untuk penggunaan di dalam ruangan (AC, pemanas/heater) maka kadar air kayu ini harus lebih rendah lagi.

Sedangkan untuk kestabilan dimensinya kayu ini setidaknya membutuhkan kadar air sekitar 25-30% atau yang disebut dengan titik jenuh serat (TJS). Titik jenuh serat merupakan sebuah keadaan dimana dalam rongga sel kayu semua kandungan airnya telah dikeluarkan namun kayu ini masih mengalami tingkar kejenuhan dalam sel-nya.
Dahulu dalam mengukur kadar air kayu ini masih menggunakan cara manual dengan memanaskan kayu dalam oven dengan panas dan dalam waktu tertentu. Sebelum kayu ini di oven akan diukur terlebih dahulu beratnya, dan setelah kering juga akan diukur kembali. Kedua berat inilah yang akan dibandingkan dan akan menjadi nilai kadar air kayu.

Namun kini sudah ada alat ukur yang dirancang untuk mengukur kadar air, alat ini dikenal dengan nama moisture meter. Moisture meter ini ada banyak macamnya tergantung dari benda yang akan diukur. Jenis moisture meter ini ada yang digunakan untuk mengukur kadar air biji-bijian, tepung, kayu dll.

Salah satu moisture meter kayu ini adalah Alat Pengukur Kadar Air Kayu MD7820. Alat ini merupakan alat ukur kadar air kayu yang sudah menggunakan teknologi canggih dan juga sistem digital dalam pengukurannya.

Alat ini memiliki desain yang simpel dan portabel yang tentu akan memudahkan Anda dalam membawa maupun menggunakan alat ini. Dengan dilengkapi probe yang sensitif alat ini dapat mengukur dengan cepat dan akurat.

Penggunaan alat ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan alat ini kemudian tancapkan probe alat ini ke kayu yang ingin diukur. Secara otomatis alat ini akan mengukur kadar air kayu secara elektris dan akan menampilkan hasil pengukuran tersebut pada layar LCD alat ini dalam bentuk angka digital.

Spesifikasi Alat Pengukur Kadar Air Kayu MD7820 :
  • Desain kokoh dan handal namun simpel
  • Koreksi otomatis suhu lingkungan serta bisa memilih 4 kategori model kayu
  • Rentang pengukuran kadar air : 2%~40%, 2%~50% 2%~60%, 2%~70%
  • Resolution: 0,5%
  • Rentang pengukuran temperature suhu : -10~60° C(14~140° F)
  • Akurasi: ± 2° C(± 4° F)
  • Resolusi: 1° C(2° F)
  • Battery: 4×1,5 V AA battery
  • Dimensions: 174 L × 73 W × 38 H mm (unit utama) 180 L x 43 W x 25 H mm (Probe alat)

0 Response to "Alat Untuk Mengukur Kadar Air Kayu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel