Alat Ukur pH Tanah

Konten [Tampil]
Alat Ukur pH Tanah - pH tanah ialah kandungan tingkat asam yang berada pada tanah dan pH tanah ialah faktor lain yang berpengaruh pada kondisi kesuburan tanah selain cara pengolahannya yang tidak sesuai atau salah. Kenyataannya tingkat keasaman tanah pada suatu wilayah akan berbeda dengan tanah di wilayah lainnya. Maka dari itu tingkat keasaman perlu diperhatikan karena jika peristiwa tersebut dibiarkan secara terus-menerus maka akan menimbulkan penurunan hasil produksi.

Terhambatnya pertumbuhan tumbuhan juga dipengaruhi oleh nilai keasaman dari tanah (pH tanah) yang terlalu asam dan tidak ada unsur hara yang mencukupi serta kurangnya pasokan air yang didapat. Tanah yang asam adalah tanah yang memiliki nilai pH yang rendah dan biasanya terjadi di lahan gambut yang dimanfaatkan untuk pertanian.

Maka dari itu untuk memahami pH dan kelembaban pada tanah kita bisa mengukurnya dengan alat Soil PH Meter. Alat ini sudah banyak dimanfaatkan pada kebutuhan di bidang pertanian, perkebunan dan perhutani. Dengan pesatnya perkembangan alat ukur dan alat tester di indonesia, saat ini Soil PH Meter sudah banyak di jual di media online serta perusahaan yang menjual alat ukur dan alat tester.

Tanah yang mempunyai pH rendah diakibatkan karena berkurangnya kandungan kation kalsium, kalium, natrium dan magnesium. Unsur-unsur yang dimaksud karena ion positif yang berada pada kaloid tanah berkurang, dan jumlah kation akan menjadikan asam seperti hidrogen dan alumunium akan menggantikannya.

Sedangkan untuk menangani kemasaman tanah (pH tanah) yang tinggi bisa kita minimalisir dengan cara pengapuran. Metode ini merupakan metode untuk meningkatkan kadar pH tanah, dan jika kadar pH tanah bisa dinaikkan maka resiko keracunan terhadap alumunium bisa diminimalisir. Dan sebenarnya kita tidak harus bergantung pada teknik pengapuran saja. Cara lain untuk menghemat biaya kita yaitu dengan menggunakan abu hasil dari pembakaran jerami atau pembakaran sekam, dikarenakan penggilingan padi membiarkan sekam dan jerami dan dibiarkan membusuk begitu saja dengan begitu kita dapat memanfaatkannya sebagai pengganti teknik pengapuran.


0 Response to "Alat Ukur pH Tanah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel