Mikroskop Monokuler dan Binokuler

Konten [Tampil]
Mikroskop Monokuler dan Binokuler - Mikroskop digital merupakan kecanggihan alat di dunia modern, alat mikroskop digital adalah gabungan dari mikroskop biasa dengan kamera digital sehingga mempermudah penggunanya untuk menjalankan serangkaian penelitian. Selain memudahkan dalam melihat objek bisa juga dilakukan perekaman selama penelitian sehingga data rekaman tersebut bisa dimanfaatkan kemudian hari.

Fungsi mikroskop digital sendiri untuk melihat makhluk atau benda yang berukuran mikroskopik yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Alat mikroskop digital sangat tepat dimanfaatkan pada dunia pendidikan sebagai pemecah masalah tertentu, terutama pada bidang laboratorium yang mengarah ke penelitian.

Mikroskop bentuk ini sudah bisa dihubungkan dengan komputer sehingga hasil dari pengamatannya jauh lebih detail karena otomatis akan didokumentasikan kedalam komputer. Banyak peneliti yang sudah memakai mikroskop digital untuk melakukan proyek yang bersifat serius dan membutuhkan ketelitian ekstra.

Sebetulnya mikroskop mempunyai fungsi dan spesifik masing-masing, mulai dari yang paling sederhana yang biasa digunakan di sekolah hingga mikroskop canggih yang hanya dimiliki oleh peneliti profesional. Masing-masing mikroskop tadi dibedakan berdasar jumlah lensa objektif, nilai pembesarnya dan sumber penyinarannya.

Teknologi mikroskop memang mempunyai perkembangan yang cukup pesat, hal ini ditandai dengan munculnya mikroskop terbaru dengan memakai teknologi tinggat tinggi yaitu mikroskop trinokuler (mikroskop tiga lensa) yang bisa dihubungkan ke kamera dan bahkan televisi.

Mikroskop sebenarnya memiliki bermacam jenisnya, tetapi secara garis besarnya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop listrik atau elektron. Mikroskop cahaya juga masih mempunyai 2 kelompok yaitu mikroskop monokuler dan mikroskop binokuler.

Perbedaan mikroskop monokuler dan mikroskop binokuler
  • Mikroskop monokuler, mono mempunyai arti satu dan memang jenis mikroskop yang satu ini memiliki satu lensa okuler saja. Mikroskop model ini masuk dalam kategori mikroskop cahaya yang dipakai untuk mengamati sel, dan nama lain untuk mikroskop cahaya merupakan Compound Light Microscope.
  • Mikroskop binokuler sama seperti mikroskop monokuler, mikroskop binokuler juga masuk kedalam kategori mikroskop cahaya yang dipakai untuk meneliti bagian sel. Dan perbedaannya jumlah lensa pada monokuler satu lensa sedangkan binokuler memiliki dua lensa dan terdiri dari lensa okuler dan objektif.



0 Response to "Mikroskop Monokuler dan Binokuler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel