Alat Ukur Tegangan Listrik

Konten [Tampil]
Alat Ukur Tegangan Listrik - Listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan ataupun melalui proses kimia dan hasil dari proses kimia ini akan menghasilkan panas, cahaya dan biasa digunakan manusia untuk menghidupkan alat-alat elektronik.


Kelistrikan merupakan sifat benda yang timbul karena adanya muatan listrik. Muatan listrik mempunyai dua jenis, yaitu muatan negatif dan muatan positif. Suatu benda dikatakan bermuatan negatif apabila memiliki kelebihan pada elektron, sedangkan benda dikatakan bermuatan positif apabila mengalir dari titik potensional tinggi menuju titik potensional rendah.

Banyak sekali peralatan elektronik rumah tangga yang memakai sumber energi listrik semisal tv, kulkas, blender, dan masih banyak lagi. Banyak orang hanya sekedar tahu dan memakai listrik dan tidak tau apa itu listrik dan bahaya yang ditimbulkan.

Untuk mencegah bahaya listrik maka kita perlu melakukan uji kelistrikan. Pengujian listrik ini untuk mengetahui kondisi listrik yang kita pakai sudah optimal atau belum dan untuk melihat daya dan hambatan listriknya.

Saat ini sudah banyak jenis peralatan yang berfungsi untuk menguji listrik, salah satunya Voltage Detector, Voltage Detector memiliki fungsi utama untuk mengatahui adanya tegang listrik pada alat elektronik yang kita pakai. Alat ini juga sangat mudah dalam penggunaan karena hanya menghubungkan bagian ujung alat ke sumber listrik yang akan di uji.

Alasan kita harus menggunakan alat uji kelistrikan ini daripada menggunakan tes pen bisa kita simak beberapa perbedaan dari kedua alat tersebut :

  1. Dari segi pemanfaatan test pent hanya memberikan indikator LED menyala jika ada tegangan listrik, sedangakan Voltage Detector akan bergetar ketika terdapat tegangan listrik.
  2. Sedangkan dengan Voltage Detector memiliki LCD yang berguna untuk menampilkan data hasil dari pengukuran tegangan yang diukur, sedangkan test pen hanya dapat mendeteksi tegangan pada sumber yang diujikan.



Fungsi Voltage Detector :

  • Sebagai deteksi adanya sumber tegangan listrik pada alat yang akan diujikan.
  • Bisa digunakan untuk percobaan tegangan AC dan juga tegangan DC.
  • Mempunyai LCD yang berguna untuk menampilkan data hasil tegangan yang diujikan.
  • Bisa digunakan untuk menguji tegangan AC dan DC yang rendah maupun tegangan AC dan DC yang tinggi.








0 Response to "Alat Ukur Tegangan Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel