Alat Pengukur Kebisingan Suara

Konten [Tampil]
Alat Pengukur Kebisingan Suara - Bunyi atau suara merupakan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium, medium yang dimaksud yaitu zat perantara yang berbentuk cair, padat dan gas. Kesimpulannya bunyi atau suara dapat merambat melalui air, batu dan juga udara.


Kecepatan rambatan gelombang bunyi di dalam zat pada akan lebih cepat merambat dibandingkan dengan kecepatan di dalam gas atau udara. Gelombang bunyi juga tidak bisa merambat pada ruangan hampa. Sedangkan untuk menentukan kecepatan bunyi pada udara bisa memakai percobaan dari resonansi.

Gelombang bunyi terdiri dari beberapa partikel-partikel udara yang bergetar dan merabat ke segala arah. Tiap molekul ini juga memiliki berbagai tempat sehingga menyebabkan wilayah tekanan tinggi, dan ditempat lain merenggang yang akan menyebabkan wilayah tekanan rendah.

Kebanyakan bunyi atau suara adalah gabungan dari beberapa sinyal getaran, dan suara murni ini dapat dijelaskan karena adanya kecepatan dari frekuensi atau osilasi yang dihitung dalam satuan getaran Hertz(Hz) sedangkan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan satuan desibel (dB).
Bunyi atau suara ini dapat diukur dengan alat yang bernama Sound Level Meter, alat ini dapat mengukur suara kebisingan yang menyebabkan rasa sakit pada telinga.

Manusia bisa mendengar bunyi saat gelombang bunyi, yakni getaran diudara sampai ke gendang telinga manusia. Dan batas frekuensi bunyi telinga manusia berkisar 20Hz sampai 20kHz, untuk suara dibawah 20Hz adalah infrasonik dan untuk suara diatas 20kHz disebut dengan ultrasonik.

Kecepatan bunyi merambat di udara berkisar 1.224km/jam. Kecepatan bunyi juga sangat bergantung kepada suhu dan tekanan udara lebih rendah. Kecepatan bunyi di air mempunyai kecepatan 5400km/jam dan lebih jauh daripada di udara tipis dan dingin yang hanya mempunyai kecepatan 11km saja.

Bunyi dari kereta api jelas lebih nyaring dari bunyi suara manusia, karena bunyi kereta mempunyai getaran lebih besar di udara. Kenyaringan bunyi atau suara juga sebenarnya tergantung dari jarak dari sumber suara tersebut. Kenyaringan biasanya dihitung dengan satuan desibel(dB). Bunyi desiran daun karena angin memiliki sekitar 33dB, sedangkan dengan pesawat jet yang lepas landas mencapai desibel sekitar 120dB.






0 Response to "Alat Pengukur Kebisingan Suara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel