Macam-Macam Refraktometer

Konten [Tampil]
Macam-Macam Refraktometer - Refraktometer ialah suatu peranti digital yang digunakan untuk mengukur persentase/konsentrasi pada bahan atau zat yang mudah terlarut, seperti garam, gula, dan lain-lain. Prinsip kerja dari peranti digital ini adalah memanfaatkan refreksi dari cahaya. Alat ini juga sangat mudah dalam penggunaan dan perawatannya walaupun bagi orang awam sekalipun.

Kita bisa lihat gambar dibawah, bahwa sebuah sedotan yang dimasukan kedalam gelas yang berisi air akan terlihat membengkok. Pada gambar kedua sebuah sedotan dimasukan ke dalam sebuah gelas yang berisi air gula. Terlihat sedotan terbengkok lebih tajam. Masalah ini terjadi karena adanya refraksi cahaya. Semakin tinggi konsentrasi bahan terlarut maka semakin terlihat juga sedotan yang membengkok secara proporsional.

Dan sebelum memakai alat ini alangkah baiknya kita mengetahui bagian-bagian dari refraktometer :

  • Biomaterial Strip, bagian ini terletak pada bagian dalam alat (yang tidak terlihat) dan berguna mengatur suhu sekitar 18-28 OC. Ketika suhu melebihi 28o C maka suhu otomatis mengikuti jarak.
  • Kaca atau Day light plate bagian ini berguna sebagai pelindung prisma dari goresan benda asing seperti debu, ataupun benda lain dan untuk mencegah agar zat/bahan tidak jatuh ke prisma.
  • Eye Piece adalah bagian untuk melihat skala yang dipakai oleh refraktometer.
  • Handle bermanfaat sebagai pemegang alat refraktometer dan menjaga kestabilan suhu.
  • Knop Pengatur skala, bagian ini bermanfaat sebagai pengkalibrasi skala dengan aquades. Cara kerja alat ini adalah knop diputar searah atupun berlawanan dengan arah jarum jam sampai mendapatkan skala paling kecil (0.00 untuk refraktometer salinitas, sedangkan 1000 untuk refraktometer urine)
  • Lensa mempunyai peran sebagai pengatur fokus cahaya.
  • Lensa Pembesar, komponen ini mempunyai manfaat sebagai pengatur perbesar skala yang terlihat pada eye piece.
  • Prisma memiiki fungsi untuk melakukan pembacaan skala dari zat terlarut dan mengubah cahaya lampu/matahari (polikromatis) menjadi cahaya monokromatis. Bagian ini juga merupakan bagian paling sensitif terhadap goresan suatu benda.
  • Skala berfungsi untuk melihat konsentrasi, dan masa jenis pada suatu larutan.








Macam-Macam Refraktometer

  1. Refraktometer Abbe, alat ini berguna untuk mengukur bermacam-macam indeks bias pada larutan. Refraktometer ini memiliki 2 lubang sebagai pengamatan.
  2. Hand Refraktometer (Refraktometer Tangan) alat ini hanya bisa digunakan mengukur zat-zat tertentu saja dan hanya memiliki satu lubang pengamatan. Indeks dari alat ini juga dapat dibaca langsung kadarnya.




0 Response to "Macam-Macam Refraktometer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel