Fungsi Alat Colorimeter

Konten [Tampil]
Fungsi Alat Colorimeter - Dizaman yang serba cepat seperti saat ini, kemajuan teknologi dalam dunia industri pun semakin cepat meningkat. maupun dalam hal alat produksi atau dalam hal alat uji dan alat ukur.  Banyak alat ukur dibuat dengan teknologi yang semakin canggih.



Sekarang sebuah alat ukur sudah dibuat dengan teknologi yang semakin canggih dan semakin banyak industri yang membutuhkan alat ukur ini, yaitu Colorimeter. 

Colorimeter ialah sebuah instrument alat pengukur warna yang sensitive terhadap cahaya yang diserap dari beberapa benda atau zat. Alat pengukur dan penguji warna colorimeter ini dapat menentukan kualitas warna dengan cara penggolongan warna dari biru, merah, dan warna hijau diperoleh dari cahaya yang diserap oleh objek itu sendiri.

Pada saat cahaya melewati atau melalui medium, kemudian cahaya itu diserap dan cahaya yang melewati itu yang diserap oleh alat ini dan kemudian dijadikan sebagai hasilnya. ada penurunan seberapa banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh medium.

Hukum Beer-Lambert ini menjadi panutan hukum yang digunakan leh alat colorimeter ini untuk cara kerjanya, yang mengungkapkan bahwa penyerapan cahaya yang ditransmisikan melalui media berbanding lurus dengan konsentrasi medium.

cara kerja alat ukur dan alat uji warna colorimeter ini dengan cara melewati panjang gelombang tertentu dari cahaya melalui solusi, kemudian mengukur cahaya yang datang melalui sisi lain.Dengan tujuan untuk mengetahui konsentrasi sampel yang tidak diketahui.

Ada beberapa contoh solusi di mana konsentrasi diketahui pertama kali dibuat dan pertama kali diuji pula. kemudian diplot pada grafik dengan konsentrasi pada absorbansi dan satu sumbu di sisi lain untuk membuat kurva kalibrasi. ketika sampel yang belum diketahui diuji, hasilnya dibandingkan dengan sampel yang dikenal pada kurva untuk menentukan konsentrasi. Ada berapa jenis colorimeter yang secara otomatis akan membuat kurva kalibrasi yang didasarkan pada kalibrasi awal.

Dalam dunia industri televisi atau industri monitor, alat ukur dan uji colorimeter dimanfaatkan untuk menganalisa kontras warna dan kecerahan pada layar televisi atau monitor, yang memungkinkan pengguna atau user untuk kemudian menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan kualitas gambar yang terbaik.

namun dalam industri percetakan. colorimeter berguna untuk mengukur intensitas atau kualitas warna pada kertas yang sudah dicetak, dan alat ini juga berguna untuk menentukan kualitas warna tinta, apakah tinta dalam kualitas terbaik atau buruk. 

Untuk memiliki alat ukur warna colorimeter ini, anda hanya cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.

0 Response to "Fungsi Alat Colorimeter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel