Pengertian Oksidasi

Konten [Tampil]
Pengertian Oksidasi - Oksidasi ialah korelasi oksigen dengan zat yang berbeda. Oksidasi sendiri ialah proses pelepasan elektron pada molekul, ion dan atom. Oksidasi juga bersifat merusak contohnya memunculkan karat pada besi.

Dalam masalah seperti besi, oksigen akan membentuk proses dari pembakaran akan menjadi lambat dan menimbulkan warna coklat yang rapuh, dan kejadian inilah yang dinamakan karat. Jika karat timbul pada besi beda dengan tembaga, tembaga yang mengalami oksidasi akan berubah warna menjadi hijau.

Sebetulnya proses oksidasi tergantung pada oksigen dan sifat bahan yang disentuhnya. Pada peristiwa seperti buah segar, kulit buah akan melindungi dari kejadian oksidasi. Inilah kenapa sebagian buah dan sayuran tiba dalam kondisi yang baik di penjual buah dan sayuran. Ketika kulit dari buah mengalami kerusakan maka hal yang akan terjadi yaitu kerusakan pada molekul oksigen akan membakar buah dan hasilnya akan berbintik coklat.

Jika proses oksidasi tadi terjadi pada buah lain hal dengan oksidasi pada pemilik mobil. Hal yang paling umum terjadi pemilik mobil adalah lapisan cat terluar akan terus menerus terkena air dan udara. Cara untuk meminimalisir terjadinya oksidasi ialah dengan melapisi lilin pada mobil, serta lapisan cat pada logam atau cat semprot anti oksidan.

Konsentrasi merupakan ukuran untuk menentukan banyak zat dari campuran dan dibagi dengan volume total campuran. Konsentrasi sendiri dinyatakan dalam satuan fisik sama seperti satuan volume, kimia, satuan berat, dan massa rumus. Menghitung konsentrasi zat dan konsentrasi yang berhubungan dengan persen konsentrasi, seperti PPM (parts per million), PPB (parts per billion) dan fraksi mol, molaritas dan molalitas.

Persen konsentrasi pada umumnya digunakan sebagai menyatakan konsentrasi pada larutan. Persen konsentrasi ini dapat dibagi menjadi volume dan berat. Untuk melangsungkan pengukuran berat (%W/W) sedangkan pengukuran volume (%V/V).

PPM (parts per million) biasa dimanfaatkan pada larutan yang sangat enver dengan satuan PPB dan PPM. PPB dan PPM mempunyai satuan yang hampir sama dengan persen berat. Jika persen berat gram zat terlarut per 100gram larutan maka PPM gram terlarut per satu juta gram larutan, serta PPB terlarut per miliar gram larutan.

Fraksi mol ialah bandingan mol dari salah satu faktor dengan jumlah mol dari seluruh faktor. Osidasi dan konsentrasi pada bahan kimia bisa diukur dengan alat ORP Meter (Oksidasi Reduksi Potensial).


0 Response to "Pengertian Oksidasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel