Termometer Ruangan

Konten [Tampil]
Termometer Ruangan - Suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas pada suatu zat. Alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu disebut thermometer. Didalam thermometer tersebut, zat yang paling sering digunkan yaitu air raksa dan alkohol.


Pelopor yang membuat termometer ialah Galileo Galilei pada tahun 1564-1642. Thermometer ciptaan Galileo mempunyai prinsip kerja didasarkan pada perubahan volume gas di dalam labu. biasanya prinsip kerja thermometer menggunakan sifat pemuain zat cair.

Kenaikan suhu yang mempunyai tujuan untuk menaikan suhu zat diperlukan kalor (Q), besar kalor tergantung dari jenis zat itu sendiri. Banyaknya zat yang dipanaskan dan kenaikan suhu yang diinginkan kalor jenis (c) ialah kalor yang dibutuhkan 1 kg zat untuk menaikan 1o C.

Jenis-jenis termometer ada 3, yaitu :

  1. Termometer laboratorium

Termometer jenis tersebut biasanya memanfaatkan zat air raksa atau alkohol. jika cairan itu bertambah panas, maka cairan itu akan memuai sepanjang pipa bersekala oC (Celcius). Termometer jenis ini biasanya digunakan di sekolah-sekolah pada ruangan laboratorium.

Supaya sensitif, ukuran pipa tersebut harus dibuat berukuran sekecil mungkin (pipa kapiler). Supaya termometer cepat bereaksi terhadap perubahan suhu, dinding wadah cairan harus dibuat tipis supaya panas masuk ke cairan secara menyentuh ujung termometer.

  1. Termometer ruang

Fungsi dari termometer ini ialah untuk mengukur suhu ruangan. Jadi, termometer ini sering kita melihatnya dipasang di dinding ruangan. dikarenakan suhu pada ruangan hampir tidak mungkin lebih dari 50oC dan tidak mungkin kurang dari -50oC. skala pada termometer ruang ini terbatas hanya dari skala -50oC sampai dengan suhu 50oC.

  1. Termometer klinis

Termometer ini biasanya diperlukan sebagai keperluan pengobatan. Dokter atau perawat bisa menunjukan berapa nilai suhu badan pasiennya dalam kurun waktu yang cukup lama. Termometer ini memiliki tujuan supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran suhu badan pasien.

Termometer jenis ini mempunyai sebuah lekukan yang sempit diatas wadahnya. Pada saat sedang digunakan untuk mengukur suhu tubuh pasien, air raksa dalam wadah tersebut akan memuai melewati lekukan sempit dan kemudian menunjukan posisi suhu pasien yang sedang diukur.

Ketika termometer dikeluarkan dari ketiak atau mulut pasien, air raksa tidak dapat kembali lagi kewadah karena celahnya terlalu sempit. Dengan demikian, kolam raksa tetap menunjukan suhu pasien hingga dokter selesai membaca suhunya. Air raksa dapat kembali ketempat semula dengan cara menggoyangkan termometer selama beberapa kali.

apabila anda ingin memiliki salah satu dari jenis Termometer diatas, anda hanya cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia. Diwebsite itu ada beberapa jenis termometer yang anda inginkan.

0 Response to "Termometer Ruangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel