Penyebab Blok Mesin Rembes

Konten [Tampil]
Penyebab Blok Mesin Rembes - Masalah rembesan oli merupakan masalah yang sering dialami oleh mesin baik itu mesin motor maupun mobil. Paling banyak rembesan menempel pada bagian sambungan yang menutup kepala silinder, penyebab paling utama dari hal ini adalah karena faktor umur dari mesin itu sendiri.

Penyebab Blok Mesin Rembes

Hal ini sudah banyak dikemukakan oleh para pemilik bengkel profesional yang mengatakan bahwa faktor usia kendaraan paling banyak ditemui dalam kasus oli rembes ini. Walaupun begitu memang ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi masalah ini.

Salah satu faktor lain yang berpengaruh adalah pemasangan kembali bagian blok mesin yang kurang sempurna. Namun faktor usia memang akan sangat berpengaruh karena tingginya tekanan dari dalam mesin dan suhu yang panas. Dua hal tersebut adalah masalah yang sangat sulit ditahan oleh mesin yang sudah berumur.

Apabila mesin Anda telah mengalami hal tersebut maka tidak ada pilihan lain selain mengganti packing set pada sambungan blok mesin. Namun hal ini juga masih harus menggunakan sealant tahan panas yang akan menghambat celah - celah kecil untuk oli keluar dari dalam mesin.

Akan tetapi bagaimana cara mengetahui apakah mesin kendaraan kita sudah mengalami oli yang rembes? ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui penyebab blok mesin rembes, yaitu :
  1. Dilihat secara kasat mata : cara ini merupakan cara yang paling awal untuk melihat adanya kebocoran oli mesin, apabila blok mesin selalu tampak basah bahkan menghitam karena debu menempel itu berarti blok mesin sudah mengalami rembes
  2. Lihat tetesan oli di lantai garasi : pastikan yang menetes itu adalah rembesan oli mesin dan bukan oli lainnya, sebagai contohnya power steering atau komponen lain
  3. Intip volume oli menggunakan dipstick : pastikan tidak ada pengurangan dalam jumlah yang tak wajar, apabila oli mesin mengalami pengurangan secara drastis maka ini dapat menjadi indikasi adanya kebocoran oli
  4. Meraba bagian bawah mesin : bila memang tak kelihatan karena tertutup komponen lain maka Anda perlu untuk mengintipnya dari bagian bawah, rembesan oli akan mudah ditemui karena tetesan akan selalu mencari tempat terendah
  5. Menguji blok mesin : pada bengkel profesional selain melihat keempat gejala tersebut biasanya juga akan melakukan pengecekan keretakan pada mesin. Pengujian ini dilakukan menggunakan alat ultrasonic flaw detector atau alat pendeteksi keretakan, alat ini mampu mengecek keretakan bahkan pada ukuran mikro di blok mesin.

0 Response to "Penyebab Blok Mesin Rembes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel