Kerusakan Pada Cylinder Head

Konten [Tampil]
Kerusakan Pada Cylinder Head - Cylinder head atau silinder kop adalah bagian dari mesin yang menahan beban besar dibandingkan bagian lainnya, besarnya tekanan kompresi harus ditahan oleh bagian ini. Karenanya wajar apabila bagian cylinder head ini adalah bagian yang paling sering mengalami kerusakan.

Kerusakan Pada Cylinder Head

Kerusakan pada cylinder head umumnya adalah sebagai berikut :

Paking Cylinder head rusak, seperti putus yang akan menyebabkan kompresi bocor dan mesin menjadi pincang, putus disini dapat terjadi pada hubungan antara 2 silinder. Akan tetapi putus juga dapat terjadi pada hubungan oli dan air. Pada hubungan antara silinder akan membuat mesin pincang dan sulit dihidupkan, sedangkan bila putus terjadi diantara oli dan air maka dapat menyebabkan oli berubah warna seperti susu dan air radiator berminyak.

Cylinder head juga bisa retak, terlebih lagi pada jenis mesin diesel. Hal ini dapat terjadi karena overheat yang disebabkan karena mesin terlalu panas. Penyebabnya adalah karena muatan berlebihan atau sistem pendinginan rusak yang sebagai contohnya adalah kebocoran. Cylinder head retak juga dapat disebabkan karena orang sengaja melepaskan thermosat.

Jadi bukannya mencari penyebab panas tersebut tetapi justru bagian thermosat inilah yang dilepas. Apabila belum terlalu parah maka keretakan ini dapat diperbaiki dengan dilas atau dikeling. Namun terkadang keretakan yang terjadi juga dapat sangat kecil yang hanya dapat dideteksi menggunakan alat seperti alat pendeteksi keretakan logam atau ultrasonic flaw detector. Silinder head yang retak dapat menyebabkan mesin menjadi panas dan air di radiator berminyak.

Akibat setelan klep terlalu rapat dapat menyebabkan permukaan klep dapat terbakar, apabila sudah terbakar akan menunjukkan gejala ketika hidup terjadi letupan letupan kecil. Usaha perbaikannya adalah dengan menurunkan silinder head dan di skrup klepnya dan dudukan klepnya.

Permukaannya harus bersih, licin sampai mengkilap, cara skur klep adalah sambil mengetuk dan memutar alat ini menggunakan dua tangan. Skur klep yang benar akan membuat masa pakai mesin menjadi lebih lama, orang suka menggunakan mesin bor ini kurang baik. Hanya untuk permulaan bisa saja, tetapi kalau terlalu lama akan merubah sudut dudukan klep.

0 Response to "Kerusakan Pada Cylinder Head"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel