Cara Tepat Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Mobil Anda

Konten [Tampil]
Cara Tepat Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Mobil Anda - Kualitas dari sebuah proses pengecatan di dalam pembuatan mobil menjadi sangat penting seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi. Persyaratan untuk perlindungan korosi yang efisien dan kualitas cat tumbuh dengan tujuan simultan untuk mengurangi biaya.

Cara Tepat Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Mobil

Hal ini menyebabkan pengurangan ketebalan lapisan seng pada bagian bodi mobil baja galvanis dan pengetatan toleransi untuk ketebalan lapisan cat. Proses ini lumayan rumit karena metode yang berbeda untuk menggembleng bagian-bagian baja, langkah-langkah perlindungan korosi dan peningkatan penggunaan bahan substrat selain baja, seperti aluminium.

Pengendalian proses pengecatan untuk beberapa bagian harus dipantau secara efisien untuk mematuhi syarat toleransi yang aman. Berikut ini ada 2 cara dalam melakukan pengukuran ketebalan cat pada mobil :

1. Pengukuran Tradisional

Pengukuran dengan cara tradisional untuk mengukur lapisan cat pada bagian baja dengan menggunakan sensor induktif magnetik yang mengasumsikan ketebalan seng merupakan nilai yang konstan dan telah ditentukan sebelumnya. Pengukuran dengan cara ini adalah dengan mengasumsikan ketebalan seng yang sama dan kemudian mengurangi nilai untuk menentukan ketebalan cat yang cacat.

Bahkan dalam model mobil yang sama, ketebalan lapisan seng dapat sangat bervariasi karena berbagai pemasok bagian body mobil dan dapat diubah lebih lanjut dengan cara pembentukan berikutnya.

2. Pengukuran Menggunakan Coating Thickness Gauge

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat, pengukuran ketebalan cat pada mobil menggunakan cara tradisional mulai ditinggalkan sebab memakan waktu yang cukup lama dan kurang efisien. Produsen-produsen mobil mulai menggunakan alat modern yang bernama Coating Thickness Gauge.

Coating Thickness Gauge adalah alat pengukur ketebalan baja profesional. Kualitasnya telah diuji untuk mengukur ketebalan cat dengan presisi tinggi. Memiliki desain khusus untuk mengukur lapisan yang tidak merusak dan mampu melakukan pengujian dengan cepat dan akurat dalam pengujian. Selain itu dapat juga mendeteksi ketebalan cairan cat pada bodi mobil Anda.

Cara menggunakan alat Coating Thickness Gauge sangat sederhana, yaitu :
  1. Cukup dengan memasang pengukur ketebalan lapisan ke mobil yang sudah dicat.
  2. Kemudian Anda akan melihat angka di layar tampilan.
  3. Setelah melampirkan beberapa menit, data pengukuran akan ditampilkan di layar.
  4. Ini memiliki akurasi tinggi hingga ± 0,1 mm. Karena itu kemungkinan salah sangat rendah.

Merawat alat ini juga sangat sederhana dan mudah :
  1. Keluarkan baterai dari perangkat saat tidak digunakan untuk mencegah kebocoran baterai.
  2. Bersihkan unit secukupnya dengan kain kering, jauhkan dari air dan jangan sampai basah, terutama di bagian sensor.
  3. Simpan unit di tempat yang kering, tidak boleh terlalu basah dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

0 Response to "Cara Tepat Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Mobil Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel