Proses Pembuatan Helm

Konten [Tampil]
Proses Pembuatan Helm - Helm adalah salah satu alat pengaman saat kita berkendara khususnya saat mengendarai motor, dengan menggunakan helm maka akan melindungi kepala dari benturan. Oleh karena itu kualitas helm yang kita gunakan haruslah memiliki kualitas yang baik sehingga dapat melindungi kepala kita dengan baik.

Proses Pembuatan Helm
Sumber : Jual Hardness Tester

Untuk mendapatkan helm dengan kualitas baik maka batok helm yang dibuat harus mempunyai kualitas yang baik pula. Selain kualitas batoknya yang keras dan baik, helm juga harus dilengkapi dengan busa dan kaca helm untuk memaksimalkan perlindungan.

Biasanya jenis biji plastik ABS yang bersifat tahan banting, tidak mudah pecah maupun patah yang digunakan untuk membuat batok helm. Setelah melewati proses pengolahan maka jenis biji plastik tersebut hanya akan meninggalkan lecet saat terbanting atau terjatuh.

Karenanya dalam pembuatan helm disini diperlukan mesin moulding sebagai alat untuk melelehkan biji plastik ABS agar dapat dibentuk. Setelah biji plastik ini meleleh maka dibutuhkan sebuah cetakan untuk membentuknya menjadi helm. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah proses pembuatan batok helm yang berasal dari biji plastik ABS :

Persiapkan dahulu biji plastik ABS yang akan digunakan dalam proses membuat helm Nyalakan mesin moulding kemudian masukkan biji plastik untuk dilelehkan Apabila biji plastik telah meleleh maka selanjutnya akan diinjeksi ke cetakan yang telah disiapkan untuk dibentuk menjadi batok helm

Baca Juga - Top1toto

Untuk membuat satu batok helm pada skala industri biasanya hanya dibutuhkan waktu sekitar 65 detik. Selain itu bagian lain dari helm dan kacanya juga dibuat dengan cara yang sama, akan tetapi menggunakan cetakan yang berbeda dan biasanya dibutuhkan waktu yang lebih cepat.

Setelah semua bagian telah dibuat maka selanjutnya adalah tahap perangkaian tiap bagian dan dilanjutkan dengan tahap pengujian. Tahap pengujian ini ada beberapa macam yaitu :

1. Alat Tracking Point

Alat ini akan menguji titik – titik yang akan diuji pada helm tersebut, pada standar yang ditetapkan SNI maka ada 5 bagian yang harus diuji. Bagian tersebut adalah bagian depan, atas, belakang, samping kanan dan kiri.

2. Alat Penyerap Kejut

Alat ini berfungsi untuk menguji daya redam helm saat terjadi benturan.

3. Alat Penguji Efektifitas Sistem Penahan

Alat ini akan menguji seberapa kuat tali pengait helm guna mengetahui seberapa besar resiko helm akan terlepas dari kepala kita.

4. Alat Uji Kekerasan / Hardness Tester

Alat ini berguna untuk menguji tingkat kekerasan helm untuk memastikan tingkat kekerasan helm sudah sesuai. Hardness tester yang digunakan disini tentu yang khusus untuk pengujian pada plastik.

Apabila helm telah melewati berbagai tahap pengujian tersebut barulah helm akan memasuki tahap finishing dan pengemasan untuk siap dikirim ke konsumen di berbagai wilayah.

0 Response to "Proses Pembuatan Helm"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel