Fluoride Meter

Konten [Tampil]
Fluoride Meter - Fluoride merupakan salah satu zat kimia yang bisa ditemukan di alam bebas. sudah ditemukan sekitar 0,3 gram dalam setiap 1 kg penyusun kulit bumi. Fluoride dapat dijumpai dalam berbagai wujud atau bentuk, seperti sodium fluoride, hidrogen fluoride dan masih banyak wujud yang lainnya.



Bisa berbentuk cairan atau padat, gas, dan umumnya fluoride tidak berwarna atau berwarna putih dan akan larut dalam air. Fluoride bisa ditemukan dalam air minum secara alami atau karena sengaja ditambahkan oleh produsen.

Kandungan fluoride dalam air minum yang kita konsumsi sehari-hari ada berbagai variasi, air tanah yang melewati pegunungan biasanya akan mengandung fluoride dan akan termineralisasi secara alami. Tinggi rendahnya kandungan fluoride tergantung dari mineral dan batuan yang dilewatinya. Sesudah  diminum atau dimakan, hampir seluruh fluoride akan diserap oleh pencernaan kita dan akan masuk kedalam aliran darah dan juga disimpan di tulang atau gigi.

Lalu, apakah betul jika fluoride itu berbahaya untuk kesehatan.?

Pernyataan bahwa fluoride itu berbahaya memang tidak sepenuhnya salah. Pada dosis yang berlebihan atau dosis yang besar, pasti fluoride bisa membahayakan bagi kesehatan. namun jika dosisnya kecil fluoride justru bermanfaat.

Fluoride ditambahkan pada air minum atau pasta gigi bukan berarti tanpa tujuan, tujuannya agar zat fluoride tersebut dapat mencegah tumbuhnya karang gigi dan gigi berlubang. Zat fluoride tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Penambahan fluoride merupakan salah satu cara paling tepat dan hemat biaya untuk meminimalisir timbulnya karies gigi, sehingga dapartment kesehatan USA menganjurkan agar air kemasan ditambah dengan fluoride.

Dengan penambahan zat fluoride tersebut, hasilnya yaitu terdapat penurunan yang signifikan dalam insidensi karies gigi dalam 70 tahun terakhir setelah penambahan zat fluoride di USA.

Dosis berjumlah 0,7 mg/liter cukup untuk membuat efek yang bagus untuk tulang dan gigi. tetapi, dosis yang berlebihan justru akan menimbulkan kerusakan pada tulang dan gigi juga. Fluorosis gigi kelainan enamel yang dikarenakan kebanyakan atau berlebihan mengonsumsi zat fluoride yang terjadi jika kandungan fluoride dalam air sekitar 1,5 sampai 2 mg/liter dan tergantung dari seberapa banyak orang meminum air tersebut.

Untuk itu sangat penting jika kita mengetahui sendiri berapa kandungan zat fluoride yang ada di dalam air mineral yang kita minum sehari-hari. Supaya kita terhindar dari beberpa penyakit yang diakibatkan karena kebanyakan mengonsumsi zat fluoride.


Ada sebuah alat yang sangat efektif digunakan untuk mengukur berapa kandungan zat fluoride dalam air minum. jika anda ingin memiliki alat pengukur kadar fluoride itu anda dapat mengunjungi website AlatUkur Indonesia.

0 Response to "Fluoride Meter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel