Pengertian Pompa Peristaltik

Konten [Tampil]
Pompa Peristaltik - Pompa peristaltik termasuk dalam salah satu jenis alat pompa perpindahan positif yang biasanya digunakan untuk memompa beberapa cairan dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Tabung fleksibel yang dipasang melingkar pada pompa peristaltik ini mengandung fluida. Ada sebuah baling-baling dengan sejumlah kawat penyeka, penggulung, atau lekukan melekat di lingkar luar baling-baling tabung fleksibel.

Pada saat baling-baling tersebut bergerak, bagian bawah tabung akan tertekan dan terjepit sehingga akan menutup. Akhirnya akan memaksa cairan yang dipompa untuk bergerak melalui tabung tersebut.


Lalu tabung akan terbuka seperti keadaan semula. Setelah meninggalkan roda, kemudian aliran fluida akan diinduksi ke pompa. Proses tersebut disebut peristaltis dan banyak digunakan dalam sistem saluran pencernaan.

biasanya kawat lekukan atau penggulung yang menutupi tabung dan juga akan mengikat tubuh cairan tersebut tidak hanya terdapat dua, bahkan bisa lebih dari dua. Tubuh cairan tersebut kemudian diangkut pada tekanan lingkungan yang menuju ke outlet pompa.

Pompa peristaltik ini dapat terus diindeks dan terus berkerja atau dapat terus beroperasi dengan melewati revolusi parsial yang bermanfaat untuk memberikan jumlah dari cairan yang lebih kecil.

Pompa peristaltik bekerja beserta tekanan dan perpindahan. Hal tersebut bermanfaat terutama untuk pompa cairan melalui tabung. Yang membuat pompa ini berbeda dari pompa yang lainnya adalah dimana bagian dari pompa yang lain benar-benar masuk kedalam dan bersentuhan langsung dengan cairan sedangkan pompa ini tidak masuk.

Pompa peristaltik ini merupakan salah satu tipe pompa yang biasanya memiliki kegunaan untuk memompa cairan, terutama dalam bidang medis. Sebab, mekanisme sistem kerja pompa peristaltic ini tidak pernah bersentuhan langsung dengan cairan.

Pompa peristaltik beroperasi dengan memungkinkan cairan menuju ke selang. Cairan tersebut kemudian akan dialirakan menuju casing pompa melalui selang. Sebentar disana, baling-baling dengan sejumlah kompres pengait tabung memaksa cairan melalui pompa dan mengarahkannya ke tujuan akhir. Teknik tersebut disebut peristaltik, sehingga alat ini disebut pompa peristaltik.

Karena masalah sterilitas, pompa peristaltik merupakan pompa yang paling bermanfaat untuk digunakan di dalam lingkungan medis. Pompa peristaltik ini dapat digunakan pada mesin dialysis dan mesin pompa jantung.

Anda dapat mendapatkan alat Pompa Peristaltik tersebut dengan sangat mudah dan cepat. Anda hanya cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia. 

0 Response to "Pengertian Pompa Peristaltik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel