Alat Pengukur Kelembaban Ruangan

Konten [Tampil]
Alat Pengukur Kelembaban Ruangan - Humidity meter adalah peralatan elektronik yang biasa dimanfaatkan untuk melakukan pengukuran jumlah air dan kelembaban dalam sebuah benda tertentu. Alat ini biasa dimanfaatkan untuk mengukur kelembaban, aliran udara, dan tingkat suhu suatu zat. Humidity Meter juga dapat memutuskan apakah suatu elemen layak untuk dipakai dalam suatu wilayah tertentu atau kondisi perindustrian. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan layar LCD untuk menampilkan hasil dari pengukuran.

Selain fungsi dasar tadi, Humadity meter juga memiliki beberapa jenis yang biasanya dipakai oleh para ahli pada industri khusus. Humidity meter mempunyai fungsi yang berbeda-beda, hal ini disebabkan kualitas udara juga memiliki efek yang berbeda terhadap lingkungannya. Berikut merupakan 5 fungsi dan kegunaan dari humadity meter bagi kehidupan sehari-hari.

  • Badan Meteorologi

Alat ini sudah banyak dipakai oleh badan meteorologi untuk melangsungkan pemantauan data penting tentang pola cuaca. Keunggulan alat ini yaitu mengukur dan dapat merekam setiap perubahan kelembaban seperti pola suhu inilah yang digunakan mereka untuk memprediksi keadaan cuaca masa depan atau ke grafik perubahan jangka panjang dalam siklus iklim. Hasil dari perhitungan kelembaban dari para ahli meteorologi bisa berguna untuk pada ilmuan melakukan penelitian tentang flora dan fauna pada suatu daerah tertentu serta perubahan iklim yang berpengaruh pada tumbuhan.

  • Ruang Penyimpanan

Ruangan penyimpanan dan ruangan pengarsipan merupakan tempat yang wajib dijaga tingkat kelembabannya. Seperti ruangan penyimpanan benda antik yang harus di jaga suhu dan kelembabannnya, hal ini agar barang antik tidak mudah rusak. Hal ini untuk menjaga barang agar lebih bertahan lama dari kerusakan. Dengan begitu Humidity meter wajib digunakan pada ruangan penyimpanan. Biasanya alat ini bekerja dengan kombinasi alat termometer.

  • Tanaman Hidroponik
Salah satu pemakaian yang paling biasa pada alat humidity meter adalah pada tanaman hidroponik yang tumbuh di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman memang membutuhkan nilai kelembaban tertentu agar tanaman terus tumbuh dan berkembang. Humidifier atau dehumidifiers akan bertambah atau menghapus uap air tersebut dari udara dan kelembaban meter perlu tahu kapan perangkat dihidupkan dan dimatikan. Peristiwa ini dikarenakan tanaman mempunyai persyaratan suhu khusus.

  • Industri Kayu
Pada industri kayu, para karyawan sangat memerlukan alat humidity meter ini untuk melakukan pengukuran kadar air dari kayu, pengukuran kadar air tersebut berguna untuk menentukan apakah kayu tersebut layak atau tidak. Tukang kayu memakai alat ini untuk memastikan kayu dapat digunakan atau tidak. Masalah ini terkadang dapat terjadi, seperti retak, menekuk dan lainnya, dengan menggunakan humidity meter masalah tersebut dapat diminimalisir.
  • Industri Beton


Untuk industri beton, humidity meter dapat melangsungkan pendeteksian bahan partikel kecil yang dapat dijumpai pada beton, termasuk kepadatannya dan sifat-sifat kimia beton. Kedua hal tersebut bisa diukur dikarenakan bisa berpengaruh pada reaksi beton ketika sudah kering, serta menganalisa bagaimana kadar air bereaksi dengan kelembaban beton.

0 Response to "Alat Pengukur Kelembaban Ruangan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel